Kakanwil Kemenkumham Jatim Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

SURABAYA – Hari sumpah pemuda yang jatuh pada 28 Oktober diperingati oleh seluruh pegawai Kanwil Kemenkumham Jatim dengan upacara pada Senin pagi (28/10) di halaman kanwil. Upacara dipimpin oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati.

Pada kegiatan dengan tema ‘Bersatu Kita Maju’ itu, juga dihadiri para Pimti Pratama yaitu Kadiv Pemasyarakatan Pargiyono, Kadiv Imigrasi Pria Wibawa dan Kadiv Yankum dan HAM Hajerati.

Seluruh pegawai memakai baju Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI). Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Baca Juga:  Kakanwil Kemenkumham Jatim Pimpin Jajaran Terima Kunjungan Kerja Reses Komisi III DPR RI

Dalam sambutannya, Susy yang membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga mengungkapkan bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi.

“Sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing,” ujar Susy.

Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif. Informasi-informasi yang bersifat destrukif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya.

“Apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,” terangnya.

Baca Juga:  Menyambut Pilpres 2019, DPR RI Kunjungi Lapas Klas I Surabaya

Untuk itu, lanjut Susy, semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia.

Terutama untuk ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia. (pank)