Temu Nasional Paralegal Beri Bantuan Hukum dan Akses Keadilan Pada Masyarakat

YOGYAKARTA – Staf Ahli Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia F. Haru Tamtomo beri sambutan pada acara Temu Nasional Paralegal, di Hotel Eastparc Yogyakarta, Rabu, (7/11/2018).

Kegiatan ini digagas oleh The Asia Foundation bersama USAID, berserta lembaga mitra pelaksana seperti YLBHI, Peradi dan LBH se-Indonesia serta beberapa komunitas organisasi masyarakat.

Temu Nasional Paralegal menampilkan narasumber dari MAJU (empowering access to justice), Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) yaitu Djoko Pudjirahardjo. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Permenkumham Nomor 1 pada Tahun 2018 tentang Paralegal dalam Pemberian Bantuan Hukum.

Baca Juga:  Menkumham Lantik 7 Pimpinan Tinggi Madya

Paralegal berperan penting dalam keadilan untuk bantuan hukum terhadap seluruh masyarakat. Adanya Paralegal dalam menyediakan bantuan hukum bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum pada masyarakat dalam kapasitas paralegal.

Bantuan hukum yang dilakukan oleh paralegal sangat dibutuhkan dalam menjembatani kebutuhan masyarakat terhadap hukum. Harapan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan manfaat bagi implementasi bantuan hukum dan akses keadilan pada masyarakat.

Hadir pada acara tersebut, perwakilan dari  Usaid, Asia  Fondation YLBHI. LBH Jakarta, LBH Bandung, LBH Yogya, LBH Surabaya, Semarang. ALDP dan LBH Papua, Dpc Pradi Tasik malaya, Rifka Anisa dari Yogya Yapika, LBH Masyarakat LBH Apip Jkt, MAPI FH UI.Swara Kita, Gwl Ina, Forum pengadaan layanan untuk perempuan korban kekerasan.(red).