Manjakan Warga, Imigrasi Tanjung Perak Buka Layanan Paspor Simpatik di Lenmarc Mall Surabaya

SURABAYA – Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak mengadakan layanan paspor simpatik di Lenmarc Mall Surabaya, pada Sabtu (26/10/19).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak, Romi Yudianto melalui Penyelia (Supervisor) Layanan Paspor Lenmarc Mall, Irmansyah Fatriadi mengatakan bahwa, layanan paspor simpatik dari Kanim Tanjung Perak ini bertujuan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia atau Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) tahun 2019.

“Ini merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan HDKD 2019 dari Kemenkumham Jatim khususnya Kanim Tanjung Perak,” kata Didit sapaan akrab Irmansyah Fatriadi, Sabtu (26/10).

Pantauan wartawan Jurnal Kumham dilokasi, warga telah memadati lantai LG Lenmarc Mall sejak pukul 09.00 WIB demi mendapat layanan paspor simpatik tersebut.

“Selain memeriahkan HDKD, layanan paspor simpatik ini juga ditujukan untuk memudahkan warga yang tak sempat mengurus paspor di hari kerja,” terang Didit.

Selain itu, Didit juga menambahkan bahwa, layanan paspor simpatik ini adalah komitmen dari Kepala Kanim Tanjung Perak agar bisa lebih dekat dengan masyarakat, dalam hal pelayanan publik.

Baca Juga:  Awasi Orang Asing Pasca Pemilu, Kanim Tanjung Perak Amankan 2 WNA Asal Malaysia

“Ini komitmen pelayanan publik dari Pak Romi Yudianto selaku Kepala Kanim Tanjung. Sehingga bisa menjangkau mereka-mereka yang mungkin di hari kerja sibuk, tidak sempat membuat paspor. Untuk itu, kita sediakan di hari libur, supaya mereka bisa datang untuk mengajukan permohonan paspor, apalagi ini bertepatan dalam moment HDKD,” tambah pria yang juga aktif di Club Motor Besar Indonesia (MBI) itu.

Untuk kuota, Kanim Tanjung Perak membuka kuota sebanyak 100 pemohon paspor selama dua hari. Masyarakat juga diminta untuk mendaftar antrean melalui Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO), dengan cara mendownload di Google Play Store dengan kata kunci layanan paspor online.

Setelah mendapat nomor antrean, pemohon hanya tinggal datang ke Layanan Paspor di Lenmarc Mall untuk proses wawancara dan pengambilan data biometrik, seperti sidik jari dan foto. Proses ini akan dilakukan di booth yang telah disediakan.

Baca Juga:  Resmikan Ruang Layanan Baru Kanim Blitar, Kakanwil Beri Penghargaan Bagi Kepala UPT Jajaran Berprestasi

“Disediakan kuota 50 per harinya dengan 2 booth pelayanan dan 8 orang petugas imigrasi untuk melayani pemohon paspor. Booth pelayanan ini dibuka dari pukul 10.00-16.00 WIB,” jelasnya

Selain itu, layanan simpatik ini hanya melayani paspor baru dan penggantian paspor. Untuk paspor baru harus melampirkan KTP Elektronik (e-KTP), Kartu Keluarga, dan Akta Lahir.

“Sedangkan untuk penggantian paspor cukup e-KTP dan paspor lama,” pungkas Didit.

Sementara itu, Nur Kholis (35) warga Kota Surabaya, merasa sangat terbantu dengan layanan paspor simpatik yang diadakan Kanim Tanjung Perak ini. Pasalnya menurut dia, Kanim Tanjung Perak telah memberikan pelayanan dengan baik terhadap masyarakat.

“Kinerja yang ditunjukkan Imigrasi Tanjung Perak sangat baik, dalam hal pelayanan paspor simpatik. Warga yang ingin membuat paspor di hari libur sangat terbantu dengan layanan simpatik tersebut,” puji Nur Kholis usai melakukan proses wawancara dan foto paspor di Lenmarc Mall Surabaya. (pank)