Melayani Tanpa Pamrih! Romi Yudianto Wariskan ULP Kanim Tanjung Perak di Pasar Atom Mall

SURABAYA – Untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat selaku pemohon dalam pembuatan paspor, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak resmi membuka Unit Layanan Paspor (ULP) di Lantai 3, Pasar Atom Mall Surabaya, Selasa (22/10/19).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Susy Susilawati mengatakan bahwa, inovasi pelayanan publik dari Kanim Tanjung Perak ini adalah sesuai dengan visi Presiden Jokowi bahwa, negara harus hadir ditengah masyarakat.

Keimigrasian selama ini mempunyai keterbatasan untuk tempat pelayanan, padahal animo masyarakat untuk membuat paspor cukup tinggi.

“Untuk itu, saya mengapresiasi kepada pihak Pasar Atom Mall karena bisa mengakomodir dengan memberikan fasilitas secara cuma-cuma (Gratis), sehingga Kanim Tanjung Perak bisa membuka Unit Layanan Paspor di Pasar Atom Mall ini,” kata Susy dalam sambutannya meresmikan ULP Kanim Tanjung Perak di Pasar Atom Mall, Selasa (22/10).

Menurut Susy, Unit Pelayanan Paspor Kanim Tanjung Perak ini, juga untuk memudahkan warga Surabaya yang ingin membuat paspor sambil berbelanja di Mall. Tidak hanya untuk warga Surabaya, ULP tersebut juga melayani warga dari kota lain.

Susy juga menjelaskan bahwa, pembukaan ULP Pasar Atom ini sebagai pengganti ULP di Gresik. Karena kerjasama dengan Pemkab Gresik sudah selesai. Menurutnya, ini adalah bagian dari upaya untuk memenuhi tuntutan pelayanan publik.

Baca Juga:  Romi Yudianto : Pandemi Covid-19 Berdampak pada Akses Perlintasan Negara

“Dimana pelayanan itu harus ditempatkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau publik,” tutur Susy.

“Ini prestasi bagi Pak Romi selaku Kakanim Tanjung Perak, karena untuk kedua kalinya bisa meyakinkan stakeholder untuk memberikan peluang kepada Kemenkumham Jatim,” puji Susy menambahkan.

Senada dengan Susy, Ketua Ombudsman RI Perwakilan Jatim Agus Widiarta juga mengapresiasi inovasi pelayanan publik yang diberikan oleh Kanim Tanjung Perak terutama Pelayanan Keimigrasian saat ini.

“Ini bentuk peningkatan kualitas pelayanan publik yang baik sekali dari Kanim Tanjung Perak. Dan warisan dari Pak Romi yang sebentar lagi promosi ke Batam sebagai Kakanimsus Batam. Semoga pelayanan Imigrasi di Pasar Atom Mall ini semakin lebih dekat ke masyarakat,” puji Agus.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak Romi Yudianto mengatakan bahwa, dengan dibukanya ULP Pasar Atom ini adalah dalam rangka perbaikan dan peningkatan pelayanan keimigrasian secara cepat dan transparan khususnya dalam hal Layanan Paspor.

Baca Juga:  Usai Resmikan Ruang Layanan, Kakanwil Kemenkumham Jatim Pimpin Sertijab Kakanim Tanjung Perak

“Peresmian ULP ini juga sebagai bentuk komitmen inovasi Kanim Tanjung Perak dalam pengembangan membangun e-government. Sehingga pelayanan publik yang diberikan bisa lebih optimal, efektif dan efesien,” kata Romi Yudianto.

Romi menyampaikan, ULP yang baru beroperasi pada Rabu lalu (9/10) itu langsung menarik animo masyarakat. Buktinya, tercatat setiap hari 150 orang telah terdaftar untuk dilayani permohonan paspor.

“Gerai Unit Layanan Paspor akan melayani permohonan paspor biasa yakni baru dan penggantian bagi seluruh warga negara Indonesia. Pemohon yang hendak mengajukan permohonan dapat melakukan pendaftaran antrean online/booking melalui aplikasi inovasi isi form (perdim online) melalui website layananpaspor.imigrasitanjungperak.com,” ujar Romi.

Romi juga berharap nantinya gerai Unit Layanan Paspor tersebut dapat menampung kuota hingga 250 pemohon setiap harinya untuk dapat menampung permintaan pemohon paspor Republik Indonesia.

Peresmian ULP tersebut langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati. Hadir pula Ketua Ombudsman RI Perwakilan Jatim Agus Widiarta. Sedangkan pihak Pasar Atom Mall diwakili Mayjen TNI (purn) Halim Antawira Hermanto selaku Dirut PT Senopati Perkasa yang menaungi pasar yang jadi salah satu ikon kota pahlawan itu. (pank).