Kemenkumham Jatim Percepat Proses Pengambilan Sumpah Pemain Persebaya ‘Otavio Dutra’

SURABAYA – Keinginan pemain sepak bola profesional asal Brasil, Otavio Dutra untuk segera membela Tim Nasional Sepak Bola Indonesia semakin dekat dengan kenyataan.

Pasalnya, Kanwil Kemenkumham Jatim berjanji untuk segera melakukan pengambilan sumpah dan janji setia kepada NKRI kepada bek tim kebanggaan Kota Pahlawan, Persebaya Surabaya itu.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Pelayanan Hukum Mustiqo Vitra Ardhiansyah ketika menerima kunjungan Dutra hari ini (26/9).

Dutra datang dengan membawa berkas naturalisasinya. Usai berkas diperiksa oleh tim pelayanan hukum, Dutra lalu diberikan brief apa saja yang harus dipersiapkan menjelang pengambilan sumpah dan janji. Dia juga diminta untuk menyanyikan lagu kebangsaan dan melafalkan sumpah.

Baca Juga:  Kakanwil Kumham Jatim Ambil Sumpah 35 PPNS, JFT dan Notaris

“Yang pasti harus sudah hafal lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lancar dalam melafalkan sumpahnya,” ujar Mustiqo.

Dutra mengaku sudah sangat siap. Dia menyatakan sudah sering dites untuk mengetahui sejauh mana kesungguhannya menjadi WNI.

“Sudah sering saya diminta menyanyi lagu kebangsaan di hadapan DPR, Menteri dan dari PSSI,” ujar Dutra.

Untuk itu, Dutra berharap agar proses pengambilan sumpahnya berjalan dengan lancar dan cepat. Karena, dia bertekad untuk membela Timnas Indonesia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Uni Emirat Arab.

Baca Juga:  Kakanwil Kemenkumham Jatim Hadiri Syukuran Pengukuhan Guru Besar Menkumham

“Saya sudah dua kali gagal membela timnas, saya harap dengan pelayanan yang baik dari Kemenkumham Jatim bisa mewujudkan harapan saya,” terang bek kebanggaan bonek mania itu.

Harapan Dutra itu nampaknya disambut baik Kemenkumham Jatim. Menurut Mustiqo, pihaknya akan membantu merealisasikan keinginan Dutra.

Rencananya, pengambilan sumpah akan dilakukan pada Jumat besok (27/9). “Kami harus menyesuaikan dengan agenda Kakanwil, karena yang melantik adalah beliau, rencananya besok sore sudah bisa kami adakan proses pengambilan sumpahnya,” ujar Mustiqo. (AF).

- Advertisement -