Kakanwil Kemenkumham Jatim Buka Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Jatim 2019

SURABAYA – Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) memasuki putaran final. Hari ini (14/11) diselenggarakan final Lomba Kadarkum Provinsi Jatim.

Sebanyak 5 finalis memperebutkan posisi yang terbaik.

Lomba yang digelar di Aula kanwil itu dibuka langsung Kakanwil Kemenkumham Jatim. Dia didampingi Kadiv Yankumham Hajerati dan Kadiv Administrasi Indah Rahayuningsih.

Peserta berasal dari 5 daerah yaitu wakil Kelompok Kadarkum Sumenep, Gresik, Kota Madiun, Kota Batu dan Banyuwangi.

Mereka didukung pejabat dan supporter yang memang didadatangkan khusus untuk memberikan suntikan moril kepada setiap peserta.

Bahkan Wakil Bupati Bojonegoro dan Wakil Wali Kota Madiun menyempatkan diri untuk hadir. Kegiatan pun sudah meriah meski belum dimulai.

Baca Juga:  Kemenkumham Jatim Raih Peringkat Pertama Post Test Pengoperasian Aplikasi AHU Online

Dalam sambutannya, Susy mengungkapkan bahwa lomba Kadarkum ini termasuk lomba yang legend. Sudah ada semenjak dahulu. Namun, tetap harus terus dilakukan sebagai upaya memasyarakatkan hukum.

“Kami menyadari bahwa produk hukum harus terus disosialisasikan sehingga akan ditaati dan dipatuhi oleh masyarakat,” terangnya.

Meski begitu, Susy mengungkapkan keprihatinannya karena tren kriminalitas tidak menurun. Hal ini dibuktikan dengan terus meningkatnya penghuni Lapas/ Rutan di Jawa Timur yang saat ini mencapai 28.000 orang.

Untuk itu, Susy menegaskan jika pemahaman terhadap hukum harus terus menerus dilakukan. Salah satunya dimulai dari unsur terkecil yaitu keluarga.

Baca Juga:  Data Sementara, 10.107 WBP Jatim Dapatkan Remisi Khusus Idul Fitri 2020

“Dari lingkungan terkecil akan berkembang dan disebarkan ke kelompok yang lebih besar di masyarakat,” harapnya.

Melihat antusiasme peserta, Susy mengapresiasi para peserta. Mulai dari persiapan, pendampingan materi hingga saat final berlangsung. Dia berharap semangat ini akan dibawa hingga level nasional.

“Jatim sebagai provinsi yang besar jangan mau kalah. Paling tidak masuk final. Tapi wajibnya juara 1. Mudah-mudahan yang juara hari ini memang yang terbaik,” ujar Susy. (Red)