Bintorwasdal Ke Rutan Bangkalan, Pimti Ingatkan Peningkatan Layanan Publik

BANGKALAN – Pimti Pratama Kanwil Kemenkumham Jatim untuk kesekian kalinya melakukan pembinaan, monitoring, pengawasan dan pengendalian (bintorwasdal) ke UPT jajaran.

Kali ini (17/9), giliran Rutan Bangkalan yang menjadi tempat yang diinspeksi. Pimti pratama mengingatkan pentingnya peningkatan pelayanan publik.

Rombongan pimti pratama yang dipimpin Kakanwil Susy Susilawati disambut Karutan Bangkalan Ahmad Fauzi dan jajarannya.

Para pimti langsung melakukan inspeksi ke ruang kunjungan, blok, dapur hingga saluran air. Usai melakukan peninjauan lapangan, seluruh pegawai mendapatkan arahan.

Dalam pidatonya, Susy menyoroti overkapasitas yang terjadi sekitar 300%. Dari kapasitas 116 orang, saat ini Rutan Bangkalan dihuni lebih dari 400 orang. Susy menilai, pihak rutan perlu mengatur lagi kondisi/ penghuni tiap blok.

Baca Juga:  Usai Lapas dan Rutan, Giliran 24 UPT Tersisa yang Dilakukan Supervisi

“Saya melihat ada blok yang terlalu padat, sedangkan masih ada yang lengang. Ini harus diatur lagi. Sehingga lebih merata,” pinta Susy.

Meski begitu, Susy mengaku cukup puas melihat kondisi Rutan Bangkalan saat ini. Menurutnya, pihak Rutan telah berbenah di beberapa aspek, khususnya kondisi bahan makanan dan pengolahannya yang cukup bagus.

“Belum terlalu memuaskan, tetapi sudah ada peningkatan jika dibandingkan setahun yang lalu,” urainya.

Susy juga mendorong agar Rutan Bangkalan segera membangun layanan berbasis HAM. Serta meningkatkan kapasitas SDM, khususnya yang bertugas di bidang pelayanan.

Baca Juga:  Perketat Pengawasan Orang Asing, Imigrasi Tanjung Perak Rapat Bersama Timpora Lamongan

Sementara itu, Kadivpas memberikan arahan yang sifatnya lebih teknis. Dia berpendapat jika ruang kunjungan sudah layak dan sudah manusiawi. Estetikanya juga sudah enak dipandang.

“Apresiasi kepada pak Fauzi dan jajarannya yang telah memperhatikan arahan pimpinan dan termotivasi menjadikan hal yang memang seharusnya dilakukan, bukan malah menjadi beban,” terangnya. (AF).