149 WBP Rutan Bangil Terima Remisi Kemerdekaan, 7 Orang Langsung Bebas

BANGIL – Pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, ratusan narapidana di Rutan Kelas IIB Bangil menerima remisi atau pengurangan masa tahanan. Dari seluruh penerima remisi kemerdekaan tersebut, 7 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) diantaranya langsung bebas.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Rutan Kelas IIB Bangil, Wahyu Indarto (17/8). Menurut dia, pemberian remisi atau pengurangan masa pidana diberikan kepada narapidana sebagaimana diatur dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, PP Nomor 99 Tahun 20 1 2 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. Serta keputusan Presiden Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi dan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 2 Tahun 2018 tentang Syarat Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga,Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat.

“Remisi Umum 17 Agustus 2019 ini diberikan kepada seluruh narapidana yang telah memenuhi Syarat Administratif dan Substantif, diantaranya telah menjalani pidana minimal enam bulan, tidak terdaftar pada Register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana). Telah mendapatkan persetujuan Justice Collaborutor dari Kepolisian atau Kejaksaan, dan turut serta aktif mengikuti program pembinaan (kepribadian dan kemandirian) di Rutan Bangil,” kata Wahyu.

Baca Juga:  Dua UPT Jajaran Kemenkumham Jatim Raih Penghargaan Penyerapan Anggaran Terbaik

Wahyu mengatakan, total WBP yang menerima remisi kemerdekaan tahun ini sebanyak 149 orang. Sementara dari total penerima remisi umum tersebut, ada 7 orang yang bebas hari ini.

“Saya berharap, mereka yang menerima remisi, khususnya yang bebas hari ini bisa menjalani kehidupan yang baik. Tidak akan mengulangi lagi perbuatannya,” harapnya.

Untuk diketahui, penghuni Rutan Bangil sebanyak 553 orang. Terdiri dari 222 Narapidana dan sisanya 331 orang tahanan.

Meriahkan HUT RI Dengan Lomba Fashion Show Dharma Wanita

Sebelumnya, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Rutan Kelas IIB Bangil juga ikut memeriahkan HUT RI kemerdekaan dengan menyelenggarakan kegiatan lomba fashion show. Sebanyak 21 peserta unjuk gigi dan berlenggak-lenggok di atas karpet.

Baca Juga:  Imigrasi Kediri Gelar Sosialisasi Izin Tinggal Orang Asing

Dimulai pukul 08.30 WIB, kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Mars Dharma Wanita. Tak hanya istri pegawai yang masih aktif, istri para pegawai yang telah pensiun juga turut memeriahkan lomba fashion show tersebut.

Selain untuk memeriahkan HUT RI ke 74 lomba ini untuk mendorong ibu-ibu Dharma Wanita untuk bisa mengekspresikan diri, berpenampilan baik dan memahami perpaduan warna pakaian yang dipakai dalam mendampingi suami atau dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai istri PNS, peran dharma wanita itu sangatlah penting, selain menjadi pendamping, wanita juga dituntut berperan mendukung keberhasilan suami serta mendukung program pemerintah” ucap Adel selaku ketua dharma wanita Rutan Bangil, Jumat (16/8).

Diakhir acara, para dewan juri menghitung perolehan nilai dan pemenangnya akan diumumkan esok hari seusai upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 yang akan berlangsung besok 17 agustus 2019. (Red).