Pegang Teguh ‘Jas Merah’, Kemenkumham Jatim Gelar Ziarah Ke Makam Pahlawan

SURABAYA – Wejangan bapak bangsa Soekarno untuk jangan sekali-kali melupakan sejarah (Jas Merah) benar-benar dipegang teguh Kanwil Kemenkumham Jatim dan jajaran.

Pagi ini (25/10) sebagai wujud nyata pengamalan ‘Jas Merah’ Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Sepuluh Nopember Surabaya.

Kegiatan tabur bunga tersebut merupakan rangkain dari Hari Dharma Karyadhika (HDKD) thaun 2019. Diawali dengan upacara ziarah yang dipimpin langsung oleh Kadiv Keimigrasian Pria Wibawa.

Peserta yang berasal dari Kanwil Kemenkuham Jatim, Lapas Surabaya, Rutan Surabaya, Kanim Surabaya dan Kanim Tanjung Perak tampak khidmat mengikuti jalannya kegiatan.

Baca Juga:  Tinjau Lapas Sidoarjo, Tim MenPAN-RB Puji Pelayanannya Sangat Baik

Pria mengatakan ziarah ini dilakukaan untuk menumbuhkan nilai kepahlawanan, cinta tanah air dan pantang menyerah.

“Peletakan karangan bunga dalam prosesi upacara itu merupakan wujud penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan,” katanya.

Selain untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, lanjutnya, kegiatan itu juga menjadi agenda rutin setiap tahunnya di hari-hari besar Kemenkumham, seperti HDKD dan Hari Bhakti Imigrasi.

“Kegiatan ini juga sebagai ajakan kepada seluruh pegawai untuk merenungkan setiap perjuangan para pahlawan kepada bangsa dan negara,” tuturnya.

Baca Juga:  Deal! Ditjen Imigrasi dan Pemkab Probolinggo Mulai Pembangunan UKK

Selanjutnya, Kadiv Keimigrasian mengajak seluruh peserta untuk menaburkan bunga di beberapa makam para pahlawan. (Red)