Selain Tiga Gedung Kanim Baru, Jawa Timur Juga Punya Gedung Rutan Perempuan Baru

KEDIRI – Selain melakukan pembangunan fisik tiga antor Imigrasi (Kanim) baru, jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur (Kanwil Kemenkumham Jatim) juga melakukan perbaikan sarana layanan di beberapa UPT.

Terdapat dua Kantor Imigrasi lain yang merenovasi ruang layanan. Dan satu bangunan rutan baru.

Dua kanim yang melakukan renovasi ruang layanan adalah Kanim Kelas I TPI Tanjung Perak dan Kanim Kelas II Non TPI Blitar. Keduanya juga mengusung konsep yang sama dengan membuat ruang layanan yang lebih nyaman dan futuristik.

Baca Juga:  Sosialisasikan Aturan Izin Tinggal Keimigrasian Bagi Pelaku Kawin Campur

“Seluruh proses renovasi telah usai dilakukan. Dan siap untuk digunakan untuk pelayanan publik yang lebih baik lagi,” ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati hari ini (23/1).

Selain itu, Susy melanjutkan, pada tahun 2019, alokasi APBN Prioritas juga digunakan untuk membangun gedung baru Rutan Perempuan Kelas IIA Surabaya. Anggaran Belanja Prioritas Nasional yang dikucurkan sebesar Rp 26,6 miliar telah diselesaikan tepat waktu.

Lokasi pembangunannya berada di lahan milik Lapas Kelas I Surabaya di Porong, Sidoarjo (sebelah selatan Lapas Porong) dengan luas tanah 17.600 meter persegi.

Baca Juga:  Peringati Kemerdekaan RI, Pegawai Kemenkumham Jatim Ziarah Ke Makam Bung Karno

Keberadaan rutan khusus perempuan itu diharapkan bisa mengurangi dampak overkapasitas yang ada. Di bangunan yang baru nanti, diharapkan bisa menampung hingga sekitar 200 WBP perempuan yang masuk dalam kelompok rentan. Dan kemungkinan masih bisa dikembangkan dengan pembangunan lanjutan sehingga mampu menampung kurang lebih 500 orang.

“Selama ini, berdasarkan data terakhir sebanyak 163 orang WBP harus menempati bangunan sempit yang idealnya dihuni oleh 45 orang saja,” jelas Susy. (Red)