Advertisement

Tingkatkan Skill Welder, Lapas Pasuruan Gandeng BLK Pemkot Pasuruan

PASURUAN – Pembinaan untuk memberdayagunakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terus diupayakan Kanwil Kemenkumham Jatim dan jajarannya.

Salah satunya yang digelar Lapas Kelas IIB Pasuruan. Pihak lapas menggandeng UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Pemkot Pasuruan untuk memberi pelatihan dan pendampingan untuk menciptakan WBP menjadi welder (pengelas) handal.

Untuk memantapkan kerjsama, usai kegiatan wisuda santri, pihak lapas yang dipimpin Wahyu Indarto itu menggelar penandatanganan Nota kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak.wahyu dan Kepala UPT BLK Pasuruan Setijo Budi bergantian membubuhkan tanda tangannya dalam MoU tentang pelatihan kerja di bidang Vokasi.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono dan Kadiv Pemasyarakatan Pargiyono hadir sebagi saksi dalam kegiatan yang digelar di Aula Dr. Saharjo Lapas Pasuruan itu.

Krismono secara singkat menyambut baik jalinan kerja sama antara Lapas Pasuruan dengan UPT BLK Pasuruan. Menurutnya, pembinaan dan pembelajaran teknik pengelasan (vokasi) sangat berguna bagi WBP.

Advertisement

Minimal mereka memiliki skill dan kemampuan vokasi. Dia percaya ilmu ini akan sangat bermanfaat bagi WBP khususnya ketika bebas nanti. Sedangkan untuk pihak lapas sendiri dapat mengembangkan jasa pengelasan ini untuk berbagai hal.

“Bisa untuk memperbaiki sarpras Lapas, maupun hasil karya yang bisa diwujudkan dari pelatihan vokasi ini,” ujar Krismono.

Sementara itu, Wahyu menjelaskan bahwa MoU ini merupakan sebuah bentuk kerja sama yang berkesinamabungan dengan pihak eksternal. Pihaknya telah bekerja sama dengan pihak Sarung Atlas untuk packaging sarung kualitas ekspor.

Selain itu sudah ada pembuatan tusuk sate dan budidaya lele. “Semua ini terjalin berkat kerja sama yang baik dengan para pihak stakeholder,” tutup Wahyu. (red)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button
%d blogger menyukai ini: