Terus Berikan Layanan Prima, Imigrasi Batam Layanani Pemohon Paspor di Rumah Sakit

BATAM – Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Batam terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Hari ini (14/2/2020), bertempat di Rumah Sakit (RS) Awal Bros Batam, Petugas Kanim Batam melakukan pelayanan permohonan paspor kepada pemohon yang menderita sakit dan akan dirujuk ke Rumah Sakit di Singapura.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Romi Yudianto mengatakan bahwa, layanan mobile ini ditujukan untuk masyarakat yang sedang sakit dan mendapat rujukan untuk melanjutkan perawatan di luar negeri, sebab tidak memungkinkan untuk hadir di Kantor Imigrasi Batam untuk melakukan permohonan paspor.

“Ini adalah salah satu solusi dari Kanim Batam bagi pemohon yang sedang menderita sakit dan dirawat di rumah sakit untuk tetap diberikan layanan keimigrasian berupa pembuatan Paspor,” kata Romi saat dikonfirmasi, Jumat (14/2/2020).

Baca Juga:  Perketat Pengawasan Orang Asing, Imigrasi Tanjung Perak Rapat Bersama Timpora Lamongan

Romi menjelaskan, melalui program Layanan Paspor ini, pemohon yang hendak membuat paspor tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi Batam untuk foto dan sidik jari, karena petugas Imigrasi akan datang langsung ke Lokasi dimana pemohon tersebut dirawat

“Para petugas Imigrasi Batam akan membawa beberapa perangkat pendukung agar layanan keimigrasian tetap dilakukan meskipun dirumah sakit. Ini merupakan bentuk layanan prima yang diberikan Kanim Batam terutama bagi masyarakat yang membutuhkan layanan keimigrasian dan bersifat darurat,” jelas mantan Kakanim Tanjung Perak itu.

Romi pun mengimbau bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan seperti ini, agar datang ke Kantor Imigrasi Batam untuk mengajukan berkas permohonan beserta data pendukung.

Baca Juga:  Kakanwil Kumham Jatim Berikan Penguatan Pembangunan ZI di Kanim Tanjung Perak

“Bagi pemohon yang meminta layanan darurat ini, akan langsung ditangani dan diproses oleh petugas dihari yang sama. Sebab pertolongan untuk kesehatan pemohon sangat diutamakan, apalagi tujuan pembuatan Paspor adalah guna untuk berobat ke Luar Negeri,” ujarnya.

Dia menambahkan, layanan tersebut tidak hanya memberikan layanan keimigrasian dalam membuat paspor saja, tapi juga memberikan untuk meningkatkan edukasi pada masyarakat tentang keimigrasian.

“Layanan seperti ini juga bagian penting untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa seluruh layanan Imigrasi Batam sudah betul-betul mendorong pelayan yang sangat baik, dan terbukti kami mendapatkan predikat wilayah bebas korupsi (WBK). Dan doakan semoga kami juga bisa meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” terangnya. (pank)