Selangkah Lagi Kabupaten Probolinggo Akan Punya UKK Imigrasi

PROBOLINGGO – Masyarakat Jatim khususnya Probolinggo dan sekitarnya dipastikan akan semakin mudah memanfaatkan layanan keimigrasian. Karena, Pemkab Probolinggo siap membangun Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi di Mall Pelayanan Publik (MPP).

Hari ini (29/7) Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati bertandang ke Rumah Dinas Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari untuk melakukan koordinasi terkait pembangunan UKK Imigrasi di Kota Mangga itu.

Koordinasi yang dilakukan di Rumah Dinas Bupati itu bertujuan untuk memastikan kembali komitmen dari kedua belah pihak. Baik Kemenkumham maupun Pemkab Probolinggo sebelumnya telah melakukan persiapan seperti survey lokasi dan kelayakan.

Dalam kegiatan tersebut, Susy didampingi Kadiv Administrasi Haris Sukamto, Kadiv Yankumham Hajerati dan Kabag Umum Dewi Atmi Listyorini serta Kepala UPT Korwil Malang. Sedangkan Tantri ditemani Asisten Ekonomi, Kadis Penanaman Modal dan jajarannya.

Baca Juga:  Kanwil Kemenkumham Jatim Tandatangani MoU Dengan Universitas Dr. Soetomo

Tantri menjelaskan bahwa latar belakang masyarakat Probolinggo yang mayoritas islam dan sangat religius membuat jamaah umroh dan haji sangat banyak. Sehingga, banyak masyarakat yang membutuhkan layanan pembuatan paspor. Belum lagi, ada beberapa perusahaan nasional yang memiliki tenaga kerja asing.

“Sehingga masyarakat dan para tenaga kerja asing ini juga memerlukan layanan keimigrasian,” tuturnya.

Bupati menjelaskan selama ini jika masyarakat mengajukan permohonan paspor harus ke Surabaya, Malang atau Jember. Sehingga, dia berharap UKK ini nantinya bisa jadi cikal bakal pembangunan Kanim. Hal ini, menurutnya, pasti akan membuat masyarakat Probolinggo, Luamajang, Situbondo dan Pasuruan sangat senang.

Baca Juga:  Imigrasi Kediri Gelar Sosialisasi Izin Tinggal Orang Asing

“Kami sangat berterima kasih atas kedatangan Kakanwil dan rombongan. Kami siap memfasilitasi dan kami milik target maksimal akhir 2019, UKK telah dibuka,” terangnya. (Red).