Advertisement

Resmi Bebas dari Lapas, Angelina Sondakh: Terima Kasih Kemenkumham

JAKARTA – Mantan anggota DPR RI, Angelina Patricia Pinkan Sondakh atau yang lebih dikenal dengan Angelina Sondakh, akhirnya bebas dari Lapas Perempuan Jakarta, pada Kamis (3/3).

Dia adalah warga binaan Kasus Korupsi Lapas Perempuan Jakarta yang mulai menjalankan pidana terhitung mulai tanggal 27 April 2012, dengan putusan pidana 10 tahun berdasarkan putusan Mahkamah Agung RI No. 1616 K/Pid.Sus/2013.

Koordinator Humas dan Protokol Ditjenpas Kemenkumham, Rika Aprianti mengatakan bahwa, sejatinya tanggal bebas awal Angelina Sondakh adalah 27 April 2022, apabila denda dan uang pengganti dibayar lunas.

Hukuman denda sudah dibayarnya secara lunas. Namun untuk uang pengganti, Angelina baru membayar Rp 8.815.972.722,-.

“Masih ada sisa yang belum dibayar Rp 4.538.027.278,-. Sisa pembayaran itu kemudian diganti hukuman 4 bulan 5 hari penjara,” kata Rika, Kamis (3/3).

Advertisement

Rika menjelaskan, selama menjalani pidana Angelina Sondakh mendapatkan remisi Dasawarsa sebanyak 3 bulan berdasarkan Keputusan Menkumham RI Nomor W.10-2598.PK.01.01.02 Tahun 2015 Tanggal 14 Agustus 2015 tentang Pemberian Remisi Dasawarsa Tahun 2015, remisi dasawarsa diberikan kepada seluruh narapidana.

Angline Sondakh dinilai telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif untuk diberikan program Cuti Menjelang Bebas (CMB) sebesar remisi terakhir paling lama 3 (tiga) bulan yang jatuh pada tanggal 29 Oktober 2021.

“Namun karena yang bersangkutan tidak membayar lunas sisa uang pengganti sebesar Rp. 4.538.027.278,- Subs. 4 bulan 5 Hari Penjara, maka tanggal menjalani CMB Angelina Sondakh menjadi 3 Maret 2022,” jelas Rika.

Angelina Sondakh dikeluarkan dari Lapas Perempuan Jakarta untuk mulai menjalankan program CMB sebagai klien Pemasyarakatan, dengan bimbingan lanjutan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Jakarta Selatan selama 3 bulan.

Selama menjalani pidana, Angelina Sondakh aktif mengikuti pembinaan kepribadian dan kemandirian, yaitu Kegiatan Kemandirian dan Design busana.

Selain itu, Angelina juga mengikuti beberapa pelatihan membatik yang diselenggarakan oleh Rutan Pondok Bambu dan tergabung juga dalam Kelompok Tani, di LPP Kelas IIA Jakarta.

“Angelina aktif berkebun dan bertani tanaman hortikultura, apotik hidup dan tanaman hias. Selain itu, ia juga aktif dalam Kelompok One Day One Juz, di LPP Kelas IIA Jakarta. Dan ikut bergabung dalam Club Tenis Meja LPP Kelas IIA Jakarta dan memenangkan juara 1 lomba tenis meja double antar lapas perempuan (lapas perempuan Jakarta, Lapas Perempuan Tanggerang dan Lapas Anak Tanggerang),” ungkap Rika.

Angelina Sondakh keluar Lapas Perempuan Jakarta Pukul 06.30 WIB.

Ia menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia atas tindakan yang mengakibatkan ia harus berada di lapas selama hampir 10 tahun.

“Alhamdulillah saya dinyatakan bebas,” kata Angelina, Kamis (3/3).

Angelina tak didampingi siapa pun. Dia hanya didampingi petugas lapas saat melangkahkan kaki keluar dari lapas.

Angelina juga mengucapkan Terimakasih kepada Kemenkumham dan seluruh jajaran petugas Lapas Perempuan Jakarta yang telah membinanya selama ini.

Proses pengeluaran Angelina Sondakh dilakukan dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Pembebasan Angelina juga dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham DKI Jakarta Marcelina. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button