Advertisement

Petugas Respons Cepat Situasi Pasca Dapur Rutan Pondok Bambu Terbakar

JAKARTA – Rutan Kelas I Pondok Bambu alami kebakaran akibat korsleting listrik yang mengakibatkan percikan api yang terjadi di Dapur Mitra Koperasi, Selasa (21/12).

Merespons kejadian tersebut, Petugas Rutan melakukan langkah cepat dengan menghubungi pemadam kebakaran wilayah Duren Sawit.

Dimana Petugas Rutan turut mengupayakan pemadaman api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang dimiliki.

Dengan respons cepat Petugas, sebanyak 144 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Paviliun Anggrek yang berdekatan dengan lokasi dapur mitra koperasi berhasil dilakukan evakuasi di titik kumpul Lapangan Rutan.

“Selain itu petugas juga langsung mengevakuasi 127 orang WBP pada Paviliun Cendana, 143 orang pada Paviliun Dahlia serta sel RPTT dan sel karantina,” ujar Kepala Rutan Kelas I Pondok Bambu, Dewi Sondari.

Advertisement

Pada Pukul 18.20 WIB, Komandan Keamanan dan Petugas Penjaga Tahanan Rutan Pondok Bambu berhasil memadamkan api.

Pemadam kebakaran yang hadir pun melakukan pengecekan agar potensi kebakaran tidak terjadi kembali.

Setelah itu hadir pula petugas PLN Duren Sawit yang melakukan pemeriksaan dan pemutusan aliran listrik yang terhubung ke Dapur Mitra Koperasi.

Petugas berhasil mengamankan para WBP yang telah dievakuasi dan memasukkan kembali ke kamar masing-masing.

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta pun turut hadir dan melakukan monitoring pasca kebakaran.

Dalam hal ini, Ibnu Chuldun selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta memastikan, hingga saat ini situasi Rutan Pondok Bambu dalam keadaan aman dan terkendali.

“Hingga saat ini situasi di Rutan Kelas l Pondok Bambu dalam keadaan aman dan terkendali,” terang Kakanwil.

Diduga Karena Kerusakan Kabel Kulkas

Sementara itu, Jajaran Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur menerima laporan kebakaran itu pukul 18.15 WIB.

“Obyek yang terbakar dapur dengan luas 10 meter persegi,” ujar Kepala Seksi Operasi Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman, Selasa malam.

Gatot mengatakan, kebakaran disebabkan korsleting listrik kabel kulkas di dapur Rutan Pondok Bambu.

“Korsleting kabel kulkas, akhirnya menyebabkan penyalaan dan membakar ruangan dapur rutan pondok bambu,” kata Gatot.

Beruntung, api tidak merambat ke ruangan lain. Api berhasil dipadamkan pukul 19.00 WIB.

Jajaran Sudin Gulkarmat Jakarta Timur mengerahkan empat unit mobil pemadam beserta 20 personel. Gatot memastikan, tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kebakaran itu.

Setelah menerima informasi sekitar pukul 18.15 WIB, pihaknya bergegas menerjunkan empat unit mobil pemadam kebakaran berserta 20 personel menuju lokasi kejadian.

“Pukul 19.00 WIB api berhasil dipadamkan. Seluruh narapidana di rutan pondok bambu berjumlah 433 jiwa terselamatkan,” ujarnya.

Akibat insiden itu, kerugian ditaksir mencapai Rp10 juta.

Adapun saat ini petugas Damkar Jakarta Timur masih melakukan pendinginan guna memastikan api benar-benar padam dan tidak menimbulkan perambatan.

“Kerugian kurang lebih Rp 10 juta. Situasi saat ini dipastikan aman terkendali,” tuturnya. (Red)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button
%d blogger menyukai ini: