Peringati HDKD 2019, Kemenkumham Jatim Gelar Jalan Sehat

SURABAYA – Memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) 2019, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur menggelar kegiatan jalan sehat dan fun bike, di Jalan Kayoon No 50-52 Surabaya, Sabtu (26/10/2019) pagi.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh pegawai dan staf Kemenkumham di seluruh wilayah Jatim ini berlangsung meriah karena peserta menggunakan kostum unik dengan berbagai karakter. Sebagian perserta juga membawa berbagai jenis sepeda dengan berbagai hiasan.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jatim, Susy Susilawati menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan rangkaian sejumlah acara diantaranya jalan sehat, pameran produk warga binaan lapas, dan bhakti sosial.

“Kegiatan ini diantaranya mewujudkan salah satu visi Presiden Joko Widodo salah satunya pembinaan mental dan memiliki ketaatan serta kepedulian. Disamping itu mereka supaya sehat karena sehat pangkal dari segala pekerjaan,” ujar Susy usai melepas rombongan jalan sehat.

Baca Juga:  Jadi Mentor di Diklatpim II, Kakanwil Kemenkumham Jatim Dukung Proyek Perubahan Kadiv Administrasi

Susy yang menggunakan kostum tokoh Malleficent juga menyampaikan dalam pameran ini juga ditampilkan produk batik hasil karya warga binaan penghuni lapas. Hasil karya tersebut nantinya juga dipakai untuk fashion show dalam rangkaian acara.

“Kita harus membuktikan bahwa penghuni lapas/rutan bisa berkarya dan mereka bisa berubah. Rangkaian kegiatan nanti juga ada bhakti sosial, legal expo, dan berbagai lomba,” terang Susy.

Lebih lanjut, Susy menambahkan pada momen peringatan HDKD 2019 ini diharapkan Kemenkumkam bertransformasi menjadi lebih bagus lagi dalam pelayanan dan pembinaan. Beberapa inovasi yang sudah dilakukan diantaranya meluncurkan aplikasi zona integritas dan pelaporan notaris.

Baca Juga:  Pastikan Pelayanan Prima, Kadivpas Jatim Bintorwasdal Ke Lapas Kediri

“Yang utama adalah transformasi ya artinya dari mulai pelayanan yang biasa biasa saja menjadi luar biasa. Yang konfensional harus berbasis IT. Inti dari semua kegiatan kita bertransforsi lebih bagus lagi,” jelasnya.

Susy juga menyinggung seluruh pelaksanaan rangkaian kegiatan memperingati HDKD 2019, telah diselenggarakan berjalan sukses. Untuk itu, dia mengucapkan terima kasih kepada siapa saja yang terlibat.

“Terima kasih kepada semua yang terlibat, sejauh ini sudah sangat luar biasa,” pungkasnya. (pank)