Advertisement

Masuk RI Secara Ilegal, Imigrasi Tobelo Amankan 3 WN Asal Filipina

HALUT – Kantor Imigrasi Tobelo menggelar Konfrensi Pers terkait diamankannya 3 orang Warga Negara (WN) Filipina yang masuk ke Wilayah Republik Indonesia secara Ilegal.

Kepala Kantor Imigrasi Tobelo, Agung Pramono menjelaskan kepada awak media bawha ketiga warga negera filipina tersebut merupakan satu keluarga.

“Yang berhasil kita amankan adalah 3 orang warga negara filipina, yang terdiri dari ayah, ibu, dan 1 orang anak laki-laki yang datang dari filipina menggunakan pump boat dan mendarat di Gorua, Tobelo,” ucap Agung Pramono, Kamis (25/8).

Agung menjelaskan bahwa, hal ini merupakan bentuk dari sinergitas yang baik antara masyarakat dan anggota Tim Pora, dalam hal ini pihak Polres Halmahera Utara.

“Dalam pengamanan ini, Kantor Imigrasi tidak bergerak sendiri, melainkan hal ini merupakan hasil dari sinergitas Tim Pengawasan Orang Asing, dalam hal ini Polres Halut yang mendapat informasi dari masyarakat tentang keberadaan orang asing yang mencurikatan yang kemudian ditindak lanjuti dengan adanya operasi gabungan,” terang Agung.

Advertisement

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Halut, Elvin Septin Akbar yang turut hadir juga menambahkan bahwa, memang benar pengamanan ini merupakan hasil dari informasi masyarakat.

“Tim Polres Halut setelah mendapatkan informasi dari masyarakat kemudian melakukn penyelidikan kurang lebih 2 minggu, dan baru pada hari ini sekitar pukul 14.30 WIT, tim melakukan pengamanan,” ucap Elvin.

Agung juga menitipkan pesan kepada awak media untuk menyebarak informasi kepada masyarakat untuk melaporkan keberadaan orang asing disekitar mereka.

“Saya titip pesan kebada awak media, dan kepada masyarakat untuk dapat melaporkan jika menemukan atau mencurigai aktifitas maupun keberadaan orang asing kepada kami Kantor Imgirasi ataupun kepada jajaran Kepolisian Halmahera Utara yang merupakan anggota dari Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora),” pungkas Agung. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button
%d blogger menyukai ini: