Advertisement

Latih Kepedulian Sesama, Kantor Imigrasi Malang Rutin Gelar Donor Darah

MALANG – Dalam melatih kepedulian terhadap sesama, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang rutin menggelar kegiatan donor darah.

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang, kegiatan ini diikuti oleh seluruh ASN dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) di lingkungan Kantor Imigrasi Malang, pada Jumat (1/4).

Bertempat Aula Kanim Malang, para peserta mulai mengisi data diri dan kuesioner penyakit. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengecekan tekanan darah dan hemoglobin.

Kepala Kantor Imigrasi Malang, Ramdhani menjelaskan bahwa, pengecekan ini merupakan menjadi syarat mutlak bagi calon pendonor darah karena mempengaruhi kualitas darah yang akan ditransfer ke pasien.

“Untuk batas minimal hemoglobin bagi perempuan adalah 12 gram, sedangkan untuk laki-laki minimal 12,5 gram dan untuk tekanan darah sistole 110-160 mmHg, diastole 70-100 mmHg,” jelas Ramdhani.

Advertisement

Adapun jumlah peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini sebanyak 103 orang, yang terdiri dari 83 orang pegawai dan 20 orang PPNPN.

Menurut alumni AIM-IV ini, hasil kantong darah yang nanti terkumpul dari kegiatan ini akan disumbangkan dan disalurkan kepada yang membutuhkan melalui PMI Kota Malang.

“Karena setetes darah untuk kehidupan, untuk lebih dekat dan peduli dengan masyarakat Kantor Imigrasi Malang rutin mengadakan kegiatan donor darah,” terang Ramdhani.

Ramdhani berharap, dengan diadakannya donor darah ini dapat memberi dampak positif ke masyarakat khususnya menjaga ketersediaan stok darah di Kota Malang bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian sosial dan peningkatan imunitas pasca vaksinasi Covid-19,” pungkas Ramdhani. (p4x)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button