Advertisement

Laksanakan Sholat Ied, Kalapas Nunukan Berikan SK Remisi Idul Fitri kepada 429 Narapidana

NUNUKAN – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Nunukan melaksanakan sholat Idul Fitri 1443 H/2022.

Pelaksanaan Sholat idul fitri itu dilaksanakan di lapangan Lapas Nunukan dengan jumlah penghuni atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang mengikuti Sholat yakni 800 orang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Untuk Imam/khotib didatangkan dari luar Lapas yakni dari Kemenag Nunukan yang sebelum masuk Lapas terlebih dahulu di cek kesehatannya dan masuk dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan.

Pelaksanaan Sholat idul fitri tersebut berjalan dengan baik lancar dan aman. Setelah itu langsung dilanjutkan dengan acara pemberian remisi khusus (RK) Hari Raya Idul Fitri, dalam hal ini Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Nunukan, I Wayan Nurasta Wibawa yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly.

Dalam cuplikan sambutan Menkumham tersebut, Wayan mengatakan bahwa sistem pemasyarakatan bertujuan agar warga binaan pemasyarakatan menyadari kesalahannya, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh masyarakat.

Advertisement

Untuk itu, Wayan berharap warga binaan agar memahami bahwa remisi yang diterima hari ini adalah salah satu hak yang diberikan oleh negara atas pencapaian yang sudah dilakukan selama menjalani pembinaan di Lapas.

“Kepada seluruh warga binaan agar terus berperan aktif dalam mengikuti segala bentuk program pembinaan dan tidak dan tidak melakukan perbuatan yang melanggar tata tertib di Lapas. Sehingga dapat menjadi bekal mental positif untuk kembali ke masyarakat nanti. Untuk pemberian remisi khusus Hari Raya Idul fitri 1443 H/2022 di Lapas Nunukan ini yakni berjumlah 429 Orang yang mendapatkan remisi,” jelas Kalapas.

Harapannya dari Kegiatan ini adalah, Semoga Tuhan yang maha kuasa melindungi kita semua dimana pun berada.

“Mari bersama-sama merapatkan barisan untuk Lapas Nunukan dengan penuh optimis untuk menjadi yang lebih baik lagi. Bersama kita PASTI,” pungkas Wayan. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button