Kunjungi Rudenim Surabaya, Balitbang HAM Verifikasi Hasil Survei IKM dan IPK

PASURUAN – Verifikasi hasil survei Indeks Kepuasan Masyarakat dan Indeks Persepsi Korupsi, Badan Penelitian dan Pengembangan Hak Asasi Manusia (Balitbang HAM) kunjungi Rudenim Surabaya. Kunjungan dari Balitbang HAM diwakili oleh Nicken Sarwo Rini, Senin (17/02/2020).

Dari hasil survei yang dilaksanakan Balitbang HAM yang dilakukan secara online, Rudenim Surabaya mendapatkan hasil sangat memuaskan. Sebelum verifikasi dilakukan, Karudenim Surabaya memberi pengarahan kepada seluruh pegawai.

Ia mengatakan bahwa survei merupakan salah satu komponen penting dalam pengajuan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Baca Juga:  Kadiv Imigrasi dan Kadiv Administrasi Kanwil Jatim Hadiri RDK Rudenim Surabaya

“Kita harus bisa mempertanggungjawabkan hasilnya,” ungkapnya.

Nicken mengatakan bahwa pengisian survei harus dilakukan dengan real dan sesuai dengan realita yang ada.

“Jangan sampai dibuat dibuat. Banyak kasus terjadi, ada yang minta tolong keluarga atau cara yang tidak benar lainnya,” tegas Nicken.

Sebelum memulai verifikasi, ia memberikan gambaran hal hal yang harus dibenahi oleh Rudenim Surabaya. Seperti fasilitas untuk mengisi aplikasi dan penempatan strategis info survei.

“Apakah sudah ada wifi publik yang bisa digunakan? Atau penempatan banner info survei sudah strategis?. Itu yang menjadi evaluasi awal,” ungkapnya.

Baca Juga:  Beladiri Tapak Suci Isi Jumat Sehat Rudenim Surabaya

Verifikasi dilakukan kepada pegawai secara acak. Nicken selaku verifikator memberikan 10 pertanyaan kepada pegawai. (Red)