Krismono Juga Gantikan Posisi Susy Susilawati di Majelis Pengawas Notaris dan Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Jatim

JAKARTA – Sehari setelah secara resmi serah terima jabatan, Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono langsung menuju Jakarta untuk memenuhi undangan Pelantikan Pengganti Antar Waktu (PAW) Majelis Pengawas Notaris (MPWN) dan Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW) pagi ini (31/1).

Pada kegiatan yang dipusatkan di Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) itu, Krismono menggantikan posisi Susy Susilawati yang pensiun. Direktur Jenderal AHU Cahyo Rahadian Muzhar melantik Krismono bersama 15 orang lainnya.

Mereka terdiri dari Unsur Pemerintah yang berasal dari 12 Kantor Wilayah, 3 dari unsur Akademis dan 1 dari unsur Ahli. Saat dilantik, Krismono hadir didampingi Kadiv Yankumham Hajerati.

Baca Juga:  Usai Sertijab, Kakanwil Kemenkumham Jatim yang Baru Beri Penguatan pada Kepala UPT

Dalam sambutannya Cahyo mengungkapkan dengan pelantikan ini, dia menginginkan seluruh MPWN dan MKNW merubah semua perilaku yang menyimpang. Srlain itu, seluruh pejabat yang dilantik harus melayani masyarakat dengan baik dan cepat untuk melakukan tugasnya dengan baik dan profesional.

“Saya ingin kita menjaga kehormatan notaris, agar tidak ada lagi keluhan masyarakat terhadap notaris yang melanggar peraturan,” harapnya.

Menurut Cahyo, Majelis Pengawas Notaris dan Majelis Kehormatan Notaris perlu memberi pembinaan dan mengawasi perilaku notaris. Masing-masing lembaga ini bisa berperab sesuai tupoksinya.

Baca Juga:  Menkumham Lantik Krismono Jadi Kakanwil Kemenkumham Jatim

Hal ini dikarenakan Cahyo banyak mendengar banyak pengaduan dari masyarakat. Notaris, lanjut Cahyo, banyak menyimpang dari peraturan. Bahkan, kadang notaris membuat persoalan semakin rumit, tanpa mempedulikan stakeholder. Inilah yang sangat disayangkan oleh pihaknya.

“Tindak tegas notaris yang melanggar hukum, blokir aksesnya di AHU Online sampai notaris itu memperbaiki kesalahannya,” tutup Cahyo. (Red)