Ketua Ombudsman Jatim Monitoring Pelayanan Kesehatan di Rutan Bangil

PASURUAN – Ketua Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Jawa Timur (Jatim), Agus Widiyarta mengunjungi  Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bangil, Selasa (18/2/2020).

Kunjungan tersebut dilakukan untuk memonitoring Standar Pelayanan Minimum di Rutan Bangil, yakni pelaksanaan pelayanan terhadap hak-hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), khususnya ketersediaan pelayanan kesehatan.

“Tujuan kami kesini adalah untuk melakukan monitoring terkait pelayanan kesehatan kepada warga binaan,” kata Agus Widiyarta saat dikonfirmasi, Selasa (18/2).

Menurut Agus, Ombudsman Jatim mendorong agar Rutan Bangil segera menyediakan dokter atau tenaga medis yang permanen, walaupun setiap seminggu sekali selalu ada visite dokter dari Puskesmas Bangil.

Baca Juga:  Komitmen Menuju WBK, Lapas Sidoarjo Siagakan Duta Pelayanan

“Disini sudah ada ruang kesehatan, obat-obatannya pun telah tersedia walaupun jumlahnya terbatas. Untuk mengatasi masalah pelayanan kesehatan tersebut, Rutan Bangil telah bekerjasama dengan Puskesmas Bangil. Namun kami mendorong agar bisa menyediakan tenaga kesehatan baik dokter atau tenaga medis lainnya,” terangnya.

Selain berkeliling di lingkungan Rutan Bangil untuk melihat langsung pelaksanaan kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh petugas, dalam kesempatan itu Ketua Ombudsman Jatim juga memuji blok hunian Rutan Bangil yang bersih, tertib, sejuk dan enak dipandang mata.

“Pada dasarnya pelayanan yang dilakukan disini sudah bagus, lingkungannya bersih, elok dipandang mata. Namun ada beberapa catatan yang sudah kami catat, seperti tidak adanya tenaga kesehatan,” ungkap Agus.

Baca Juga:  Cegah Peredaran Narkoba, Lapas Sidoarjo Gelar Razia Malam Hari

Sementara itu, Kepala Rutan Bangil Tristiantoro Adi Wibowo sangat mengapresiasi kunjungan dari Ketua Ombudsman RI Perwakilan Jatim tersebut.

Menurut Adi Wibowo, monitoring dan penilaian dari Ombudsman Jatim ini merupakan evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan di Rutan Bangil. Sebab Ombudsman sendiri merupakan Lembaga Negara yang mempunyai kewenangan mengawasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

“Saya sangat berterima kasih kepada bapak Agus Widiyarta selaku Ketua ORI Jatim, yang telah meluangkan waktunya untuk monitoring pelaksanaan pelayanan disini, mudah-mudahan kegiatan pelayanan yang kami laksanakan kedepan lebih baik lagi,” tutup Adi Wibowo. (pank)