Kepala Rudenim Surabaya Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

PASURUAN – Meski diterpa pandemi covid 19, pelaksanaan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tetap dilaksanakanan pada hari Senin (1/6/2020).

Pelaksanaan upacara dilakukan secara virtual sesuai surat edaran dari Kanwil Kemenkumham Jawa Timur semua pegawai Kemenkumham Jawa Timur wajib mengikuti upacara tersebut.

Kepala Rudenim Surabaya, Pejabat Struktural, Jabatan Fungsioanl Tertentu dan Jabatan Fungsional Umum mengakses upacara secara virtual melalui TVRI.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Dalam pidatonya Jokowi mengajak kepada seluruh penyelenggara negara untuk berpihak kepada masyarakat yang mengalami kesulitan.

Baca Juga:  Internalisasi Kemenkumham Corporate University, Karudenim Surabaya Minta Pegawai Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Kinerja

“Tidak henti-hentinya saya mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai ke daerah, untuk terus meneguhkan keberpihakan kita kepada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan dalam memberikan pelayanan kepada mayarakat tidak membedakan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

“Untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras dan agama, serta untuk memenuhi kewajiban kita melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia,” ucap Kepala Negara.

Jokowi juga menyampaikan pada peringatan Hari Lahir Pancasila adalah momentum untuk mengingatkan Kembali untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya melalui setiap kebijakan yang diambil pemerintah.

Baca Juga:  Kunjungi Rudenim Surabaya, Balitbang HAM Verifikasi Hasil Survei IKM dan IPK

Upacara didahului dengan pembacaan teks Pancasila yang dibacakan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan kemudian dilanjutkan pembacaan teks pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Upacara ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (Red)