Advertisement

Kemenkumham Jatim Optimalkan Peran SPIP

SURABAYA – Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) punya peran penting dalam pelaksanaan tugas dan fungsi birokrasi. Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar melaksanakan kegiatan Sosialisasi Target Tingkat Maturitas SPIP hari ini (16/3).

Kegiatan tersebut hasil kolaborasi dengan Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Jatim dan Inspektorat Jenderal Kemenkumham.

Kegiatan yang digelar secara daring itu dibuka langsung Kadiv Administrasi Indah Rahayuningsih.

Seluruh satgas SPIP di jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim mengikuti kegiatan dengan seksama.

Indah menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya peningkatan efektivitas pengendalian intern.

Advertisement

Terutama dalam rangka pencapaian tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien.

“Termasuk keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap Peraturan Perundang-undangan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jatim,” ujarnya.

Proses pelaksanaan SPIP, lanjut Indah, juga tidak lepas dari Pengawasan Intern yaitu seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lain.

Lalu, bagaimana cara mengukur maturitas sistem pengendalian intern? Indah menjelaskan bahwa setiap pengukuran perlu satuan ukur.

Demikian pula dalam pengukuran maturitas sistem pengendalian intern. “Satuan ukurnya adalah level maturitas,” jelasnya.

Level itu, tutur Indah, ditentukan misalnya dengan membuat skala dari level 0 sampai level 5. Level 0 menunjukkan tidak adanya pengendalian intern, sementara level 1 sampai level 5 menunjukkan adanya pengendalian intern dengan gradasi dari level yang lebih rendah ke level yang lebih tinggi berdasarkan parameter tertentu.

“Organisasi yang memenuhi hingga parameter level 5 berarti telah memenuhi seluruh parameter pada level-level di bawahnya,” terangnya.

Untuk itu, Indah berharap seluruh jajarannya mengikuti kegiatan dengan seksama. Sehingga bisa mengaplikasikan SPIP dengan baik di satker masing-masing. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button