Advertisement

Kemenkumham Jateng Lakukan Pembinaan MPD Kabupaten Kudus

SEMARANG – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah (Kanwil Kemenkumham Jateng) melaksanakan kegiatan pembinaan terhadap Majelis Pengawas Notaris Daerah (MPD) Kabupaten Kudus, Selasa (22/02) di Gedung Sekretariat Daerah Kudus.

Kedatangan Tim disambut secara langsung oleh Ketua MPD Kabupaten Kudus Radot Sitompul, S.H., Sp.N, Wakil Ketua Leksmana Wisnu Hartono, S.Kom., S.H., M.Kn, beserta para Anggota dan staf sekretariat MPD.

Kepala Subbidang Pelayanan Administrasi Hukum Umum (AHU), Widya Pratiwi Asmara, mendorong agar MPD melakukan pemeriksaan rutin 2 (dua) kali setahun terhadap seluruh Notaris di Kabupaten Kudus.

Selain pemeriksaan rutin, MPD diharuskan untuk mensyaratkan bukti pembayaran PNBP Layanan Konduite bagi Notaris yang akan mengajukan perpanjangan masa jabatan notaris atau perpindahan wilayah notaris.

Tidak kalah penting, MPD diminta untuk selalu membangun kesadaran seluruh Notaris guna mendukung upaya Pemerintah dalam mencegah dan menanggulangi tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Advertisement

Komitmen ini diwujudkan dengan Notaris melaksanakan Prinsip Mengenali Pengguna Jasa (PMPJ) ketika menjalin hubungan usaha dengan kliennya.

“Penerapan PMPJ merupakan komponen objek pemeriksaan MPD terhadap Notaris, ” ujar Tiwi sapaan akrabnya.

Untuk mewujudkan kualitas pengawasan Notaris yang lebih baik, Kanwil Kemenkumham Jateng tengah membenahi aplikasi SILANDU, sehingga Notaris sebagai pelapor dapat melakukan peng-edit-an apabila diarasa ada kekeliruan dalam kolom isian.

Kemudian,  MPD akan diberikan hak akses agar dapat mengecek langsung pelaporan Notaris pada aplikasi SILANDU.

Berkenaan dengan telah dilantiknya keanggotaan MPD Kabupaten Kudus oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin pada akhir tahun 2021, Tiwi juga menyerahkan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah tentang Pengangkatan Anggota MPD Kabupaten Kudus dan Berita Acara Pengambilan Sumpah Jabatan kepada Ketua MPD Kabupaten Kudus. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button