Advertisement

Karutan Barabai Resmi Buka Porsenap dengan Permainan Tradisional Balogo

HULU SUNGAI TENGAH – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Barabai menggelar Pekan Olahraga dan Seni Narapidana (PORSENAP) dalam rangka memeriahkan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 tahun 2022.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Karutan pada apel bersama seluruh petugas dan perwakilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dilapangan upacara, Senin (28/03/2022)

Dalam amanatnya Karutan Barabai, Gusti Iskandarsyah menyampaikan pesan kepada seluruh WBP untuk menjaga sportifitas dalam pertandingan.

“Mari meriahkan PORSENAP ini dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas, kalah atau menang bukan hal yang utama, karena kegiatan ini dalam rangka menjalin kekompakan kita satu sama lainnya,” jelas Karutan.

Adapun perlombaan yang diselenggarakan dalam PORSENAP di Rutan Barabai antara lain, Tenis lapangan, tenis meja, badminton, futsal, Bola Voli, Catur, Lomba Adzan, Lomba Hafalan Surah dan Permainan Tradisional Balogo yang menjadi permainan yang paling diminati WBP.

Advertisement

Seluruh rangkaian perlombaan tersebut akan dilaksanakan sejak tanggal 28 Maret hingga 02 April sebelum masuknya bulan Ramadhan 1443 H.

Apel ditutup dengan bersama menyanyikan Mars WBP Ciptaan Karutan Barabai dan dilanjutkan pemukulan pertama “Campa” Permainan Tradisional Balogo oleh Karutan yang menjadi tanda resminya dibuka PORSENAP di Rutan Barabai.

Gusti juga menambahkan bahwa Perlombaan Balogo merupakan permainan tradisional masyarakat Banjar yang saat ini sudah jarang dimainkan.

“Untuk itu, dengan perlombaan ini diharapkan dapat melestarikan kebudayaan lokal ini,” pungkas Gusti. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button