Kanwil Kumham dan Polda Jatim Perkuat Kolaborasi Jelang Pelaksanaan Pemilu

SURABAYA – Kanwil Kemenkumham dan Polda Jatim terus bersiap menyambut pemilu yang semakin dekat. Pagi ini (9/4), Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati dan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saling berkoordinasi untuk membahas segala persiapan pemilu.

Koordinasi persiapan pemilu tersebut dilakukan lewat forum dengan berbagai stakeholder terkait. Kakanwil yang didampingi Kadiv Pemasyarakatan Pargiyono dan Kalapas Surabaya Suharman duduk satu meja dengan Kapolda. Di meja yang sama, hadir pula Kepala Badan Intelejen dan Keamanan Polri Komjen Pol Unggung Cahyono.

Dalam forum tersebut, Susy mengungkapkan bahwa jajarannya siap ambil bagian dalam melaksanakan dan mengamankan jalannya proses pemungutan suara. Khususnya di Lapas/ Rutan yang memiliki setidaknya 14.000 WBP yang sudah terdaftar sebagai DPTb. Susy mengungkapkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU, Bawaslu, dan stakeholder lain untuk mensukseskan gelaran pemilu di Lapas/ Rutan.

Baca Juga:  Ramainya Peminat Paspor di Acara Festival Keraton Nusantara dan Masyarakat Adat Asean Ke-V 2018

Dia memastikan bahwa jajarannya akan bersikap netral dalam pemilu nanti.

“Kami berharap ada bantuan pengamanan dari pihak kepolisian saat proses pemungutan, penghitungan hingga berakhirnya kegiatan pada 17 April nanti,” harap Susy.

Luki mengungkapkan bahwa pelaksanaan pemilu 2019 di Jatim akan aman. Meski akhir-akhir ini tensi keamanan di Jatim agak meningkat karena ada penyelenggaraan final piala presiden 2019 di Surabaya dan Malang. Namun, pihaknya sudah siap mengantisipasi segala hal yang terkait event akbar tersebut. ”Kondisi Jatim hingga saat ini relatif aman,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ombudsman RI Sidak Rutan Medaeng dan Lapas Sidoarjo

Termasuk juga kondisi di Lapas/ Rutan. Luki mengaku siap memberikan support yang maksimal dengan menempatkan personilnya di objek vital seperti Lapas/ Rutan. “Seperti pelaksanaan pemilu sebelumnya, kami akan all out membantu pengamanan di Lapas/ Rutan,” tegasnya. (Red)