Kanimsus Surabaya Terima Kunjungan Studi Tiru Zona Integritas WBK Menuju WBBM dari KPP Pratama Surabaya Karangpilang

SIDOARJO – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya (Kanimsus Surabaya) menerima Kunjungan Studi Banding Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surabaya Karangpilang, Rabu (18/8/2021).

Kepala Kanimsus Surabaya Chicco Ahmad Muttaqin, menyambut baik kunjungan Studi Banding dari Kepala KPP Pratama Surabaya Karangpilang Eko Radnadi Susetio berserta rombongan.

“Saya ucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak dan Ibu sekalian, ini merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi kami menerima kunjungan dari KPP Pratama Surabaya Karangpilang, yang berkenan hadir menjadikan kantor kami untuk tempat sharing dan tiru pembangunan zona integritas ini,” ujar Chicco.

Chicco menyampaikan bahwa, Kanimsus Surabaya berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada tahun 2020 lalu, setelah sebelumnya meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2019.

“Prestasi predikat WBK/WBBM Kanimsus Surabaya ini merupakan hasil kerja keras semua jajaran dalam pembangunan zona integritas di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya,” kata mantan Atase Imigrasi pada KBRI Hongkong ini.

Baca Juga:  Gandeng Pemkab Sidoarjo, Imigrasi Surabaya Luncurkan Mobil Paspor Keliling

Dia menambahkan bahwa, banyak usaha dan inovasi yang harus dilakukan terutama dalam perbaikan pelayanan publik.

“Dalam perbaikan pelayanan harus dengan mengembangkan inovasi serta sarana dan prasarana yang ada guna meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Salah satu contohnya adalah ruang pelayanan yang terintegrasi sehingga memudahkan masyarakat yang hendak melakukan pengurusan paspor,” pungkas Chicco.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Surabaya Karangpilang, Eko Radnadi Susetio mengatakan bahwa kunjungan studi tiru ini merupakan upaya tindak lanjut dari KPP Pratama Surabaya Karangpilang yang sebelumnya telah mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) untuk meningkatkan penerapan reformasi birokrasi yang berkelanjutan menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Tujuan dari kunjungan ini adalah mempelajari dan melihat pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya sebagai unit kerja peraih predikat WBBM,” kata Eko Radnadi Susetio.

Baca Juga:  Sidak Imigrasi Surabaya, Ombudsman Apresiasi Inovasi Layanan Kanimsus

Eko Radnadi menjelaskan bahwa, KPP Pratama Surabaya Karangpilang akan terus berupaya melakukan perbaikan-perbaikan layanan birokrasi di lingkungan kerja mereka.

“Zona Integritas atau reformasi birokrasi itu sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap lembaga pemerintah. Untuk itu, kami sangat sejalan dengan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya dalam hal melakukan perbaikan layanan publik,” jelasnya.

Eko juga menambahkan bahwa sebagai pelayan masyarakat, yang harus dilakukan Aparatur Sipil Negara adalah bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku, menyampaikannya ke masyarakat dan melakukan evaluasi apakah masyarakat merasa puas dan senang dengan apa yang sudah kita lakukan.

“Untuk itu, acara kunjungan ini bertujuan untuk Studi Tiru dan Pertukaran Informasi Zona Integritas (ZI) WBK Menuju WBBM,” pungkas Eko Radnadi.