Advertisement

Kalapas Wayan Ajak Tingkatkan Gerakan Pemajuan Pendidikan dan Kebudayaan di Lapas Nunukan

NUNUKAN – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Nunukan melaksanakan upacara dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman lapangan Lapas Nunukan, pada Jum’at (13/05).

Dalam pelaksanaan upacara tersebut, Inspektur Upacara dan pejabat struktural dan yang lainnya menggunakan pakaian adat sesuai surat edaran Sekjen Nomor : SEK-UM.04.01-132 tanggal 12 Mei 2022 tentang Pedoman Upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 dilingkungan Kemenkumham.

Dalam kesempatan tersebut, Kalapas Nunukan I Wayan Nurasta Wibawa membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia bahwa selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama tapi kita semua dapat mengtasinya dengan baik.

“Hari ini adalah bukti, bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dan tidak takut untuk mencoba, kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis terdepan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan,” kutip Wayan.

“Ditengah hantaman ombak yang besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar,” tambah Kalapas.

Advertisement

Kurikulum Merdeka yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi. Terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran, kini kurikulum merdeka sudah di terapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan diseluruh Indonesia.

“Itu berarti ratusan ribu anak indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” ujar Wayan.

Semangat yang sama juga sudah kita dengar dari para seniman dan pelaku budaya, yang sekarang mulai bangkit lagi, mukai berkarya lagi dengan lebih merdeka. Itu semua berkat kegigihan kita untuk melahirkan terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal budaya pertama di Indonesia.

“Dampaknya sekarang tidak lagi ada batasan ruang dan dukungan untuk berekspresi untuk terus menggerakkan pemajuan kebudayaan,” kata Kalapas.

Tak lupa Kalapas Nunukan juga mengucapkan “Selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022”.

“Mari kita bersama sama bergerak untuk terus meningkatkan dan ikut menggerakkan pemajuan pendidikan dan kebudayaan di lingkungan Lapas Nunukan khususnya, agar selalu bersinergi serta tetap semangat dalam berkinerja PASTI demi bangsa dan Negara Indonesia,” ungkap Wayan.

Wayan mengajak semua jajaran untuk tetap memiliki semangat dan bekerja keras dengan penuh dedikasi yang tinggi.

“Kita harus memiliki komitmen untuk menjaga integritas moral dan memiliki keyakinan untuk membangun Pemasyarakatan yang lebih baik di masa depan,” tandas Kalapas Nunukan. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button
%d blogger menyukai ini: