Advertisement

Kakanwil Zaeroji Kunjungi Lapas dan Rupbasan Pasuruan

PASURUAN – Dua Satker di Kota Pasuruan dikunjungi oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jatim Zaeroji.

Zaeroji di dampingi Kadiv Pemasyarakatan, Teguh Wibowo, dan Kasubbag Humas, RB dan TI, Ishadi Maja Prayitno.

Kunjungan Kakanwil Zaeroji tersebut, dalam rangka Pembinaan Monitoring Pengawasan dan Pengendalian (Bintorwasdal), Rabu (22/6).

Lapas Pasuruan menjadi lokasi awal kunjungan kerja kali ini. Sebagai Satuan Kerja yang meraih gelar predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2021 lalu, Lapas Pasuruan tidak berhenti terus berinivasi dan melakukan pembenahan sarana dan pra sarana.

Secara khusus Zaeroji mengapresiasi kebersihan dan perubahan yang diinisiasi oleh Kepala Lapas Pasuruan Yhoga Aditya itu.

Advertisement

Zaeroji mengungkapkan inovasi perubahan ini membutuhkan upaya, tekad serta komitmen penuh seluruh jajaran. mayoritas bangunan Lapas/ Rutan di Jatim adalah peninggalan kolonial Belanda.

“Tapi di Pasuruan bisa memadukan bangunan klasik dengan sentuhan modernisasi, semacam Heritage,” puji Zaeroji.

Sementara Kalapas Yhoga mengungkapkan proses pembinaan yaitu program kemandirian dan keterampilan dalam bentuk kerja sama dengan pihak ketiga berjalan baik.

”Pengemasan (packaging and labeling) sarung merk BHS telah terjalin sejak 2020 membantu Lapas Pasuruan memperoleh Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP),” ujar Yhoga.

Sementara di Rupabasan Pasuruan, Zaeroji disambut langsung Kepala Rupbasan Sugeng Bahrul dan jajaran.

Kakanwil memuji sinergitas Rupbasan Pasuruan dengan Aparat Penegak Hukum khususnya Kejaksaan.

“Barang sitaan keluar masuk dengan tertib sehinggat tidak ada penumpukan barang bukti disini,” tutur Zaeroji.

Zaeroji menambahkan bahwa setelah putusan pengadilan dinyatakan inkrah, maka status barang sitaan atau barang rampasan tersebut menjadi milik negara. Sehingga Rupbasan sebagai tempat penampungan sementara tidak terbebani.

“Dikarenakan biaya pemeliharaan dan perawatan yang tidak seimbang apabila barang tersebut lama disini,” ungkap Zaeroji. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button
%d blogger menyukai ini: