Kakanwil Kemenkumham Sulteng Buka Rapat Timpora dengan Tema Penegakan Hukum di Perbatasan Perairan Wilayah Indonesia

PALU – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar rapat Timpora dengan tema isu aktual “Penegakan Hukum di Perbatasan Perairan Wilayah Republik Indonesia” dan “Pengawasan Orang Asing dimasa Pandemi Covid-19 dari Sudut Pandang Sosial Politik Serta Kearifan Lokal”, yang diselenggarakan di Hotel Swiss Bell Palu, pada Rabu (17/11).

Diawali sambutan Kakanwil Kemenkumham Sulteng Lilik Sujandi menegaskan bahwa salah satu tujuan rapat tersebut adalah upaya yang diharapkan dapat membantu semua pihak dalam membangun dalam membangun komunikasi yang diharapkan dapat memudahkan terintegrasinya informasi dan data pada lembaga – lembaga yang terkiat dengan pengawasan orang asing dalam memantau pelanggaran – pelanggaran terkait keimigrasian yang ada.

Baca Juga:  Kakanwil Lilik Sujandi Buka Forum Kebangsaan

“Latar belakang dari kegiatan rapat atau pertemuan tersebut adalah yang salah satunya juga pengawasan orang asing itu merupakan program tahunan juga yang dilaksanakan oleh teman-teman jika imigrasian yang merupakan bagian dari situs kami Kemenkumham Sulteng, sehingga membangun komunikasi dengan para pihak sebagai mitra keimigrasian dalam pengawasan orang asing,” kata Lilik.

Menurut Lilik, tentu juga harus mampu membangun informasi dan komunikasi terus-menerus karena kerentanan pelanggaran keimigrasian dan pemujaan serta aspek-aspek lain daripada bahaya lintasan orang juga harus diintegrasikan.

Baca Juga:  Kondisi Penuh Keterbatasan Tak Halangi Tim Ditjen PAS Datangi Sulteng

“Sangat penting dengan membangun informasi dengan lembaga lain dan di koordinasi seperti ini,” tutur Lilik.

Kegiatan ini diikuti oleh Kakanwil Kemenkumham Sulteng Lilik Sujandi, Kepala Pangkalan Operasi Bea Cukai Pantoloan, Kesbangpol Sulteng, perwakilan Kepala Dinas Tenaga Kerja Sulteng, Perpajakan, Badan Intelijen Negera (BIN), TNI-Polri, dan Kementerian Perhubungan. (Red).