Kakanwil Jatim Hadiri Pembekalan Realisasi Pelaksanaan Anggaran Oleh Sekjen Kemenkumham

JAKARTA – Realisasi pelaksanaan anggaran menjadi salah satu perhatian Plt. Menkumham Tjahjo Kumolo.

Untuk memastikan realisasi anggaran berjalan dengan baik, pagi ini (8/10) Sekretaris Jenderal Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto memberikan pembekalan realisasi dan evaluasi pelaksanaan anggaran Kemenkumham 2019. Bambang juga menjelaskan pagu alokasi anggaran 2020.

Pembekalan yang diselenggarakan di Graha Pengayoman itu dihadiri langsung Plt Menkumham Tjahjo Kumolo. Seluruh pimpinan tinggi madya dan pratama, para staf ahli dan kakanwil seluruh Indonesia hadir. Termasuk Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati.

Sekjen mengawali presentasinya dengan melakukan evaluasi Pelaksanaan Anggaran Kemenkumaham 2019. Dia menjelaskan pagu awal yang dimiliki Kemenkumham. Juga realisasi anggaran yang dicapai.

Baca Juga:  Sambil Ngabuburit, Pimti Pratama Sempatkan Bintorwasdal Ke Rupbasan Mojokerto

Mulai dari belanja pegawai, barang dan modal. “Realisasi anggaran, baik di pusat dan daerah, meningkat. Biasanya setiap triwulan III berkisar 61% tapi sekarang sudah masuk 70,46%. Ini hasil yang cukup menggembirakan dan sesuai target yang dicanangkan,” terang Bambang.

Bambang mengatakan strategi dan langkah-langkah penyerapan anggaran pada unit eselon I dan Kanwil. Dari pembinaan IKPA di Unit Eselon I dan Kanwil hingga melakukan monev terkait indikator kinerja setiap triwulan. Termasuk mengantisipasi seluruh kegiatan yang mungkin meleset dari target.

Baca Juga:  Kakanwil Kumham Jatim Jadi Saksi Penandatanganan MoU Kanim Tanjung Perak dan Pasar Atom Mall

“Kegiatan monitoring membawa dampak yang cukup besar bagi serapan anggaran,” terangnya.

Pria asal Solo itu menyebutkan bahwa target realisasi anggaran 2019 adalah 99,10% dan Outlook IKPA mencapai 99. Target itu sangat realistis karena selama ini pihaknya terus melakukan terus pendataan. Memetakan satker mana yang harus didorong untuk melakukan percepatan. Termasuk terus melakukan pemantauan 12 IKPA.

Terakhir, Sekjen menjelaskan Pagu Alokasi Anggaran Tahun 2020. Satu persatu anggaran dibedah dan dijelaskan secara terperinci. apa saja kebutuhan dan prioritas pada 2020 mendatang. (Ran).

- Advertisement -