Advertisement

Kadivpas Kemenkumham Kaltim Pimpin Orientasi 73 CPNS dengan Penuh Semangat

SAMARINDA – Kanwil Kemenkumham Kaltim kembali melaksanakan orientasi CPNS dihari ketiga dengan penuh semangat.

Orientasi kali ini diisi oleh 2 (dua) Narasumber dari Kanwil Kemenkumham Kaltim yaitu Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Jumadi, yang menyampaikan materi mengenai pengenalan bidang Tugas teknis substantif dan Kepala Subbidang Informasi Keimigrasian Khairil Anwar, yang dalam hal ini mewakili Kepala Divisi Keimigrasian.

Dalam paparanya Kadivpas Jumadi menyampaikan selamat kepada seluruh CPNS yang telah berhasil lolos masuk di Kementerian Hukum dan HAM.

“Saya ucapkan selamat bergabung dikeluarga besar Kementerian Hukum dan HAM, khususnya dijajaran Kanwil Kemenkumham Kaltim kepada seluruh CPNS, saya berharap kalian dapat menjadi agen perubahan dalam membangun Kanwil Kemenkumham Kaltim menjadi semakin baik lagi,” ucap Jumadi, Rabu (6/4).

Selain itu juga, Kadivpas menyampaikan mengenai Tugas dan Fungsi dari Petugas Pemasyarakatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan.

Advertisement

“Kepada seluruh CPNS dijajaran Kanwil Kemenkumham Kaltim agar dapat membaca dan memahami isi dari Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan dan dapat mempedomani makna dari Tri Dharma Petugas Pemasyarakatan dalam melaksanakan tugas,” jelas Jumadi.

Jumadi juga menjelaskan kepada seluruh CPNS, bahwasanya Divisi Pemasyarakatan pada Kanwil Kemenkumham Kaltim mengkordinir 17 Unit Pelaksana Teknis dijajaran Pemasyarakatan, yang terdiri dari 9 Lapas, 4 Rutan, 3 Bapas dan 1 Rupbasan yang tersebar di Kaltimtara.

Diakhri arahanya, Kadivpas menghimbau kepada seluruh 73 CPNS dijajaran Kanwil Kemenkumham Kaltim, agar selalu mempedomani 3(tiga) Kunci Pemasyarakatan dan mempedomani serta mengimplementasikan Back To Basic berdasarkan arahan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

“Saya berharap kalian semua dapat menjadi Pioner yang dapat mengharumkan nama baik Kementerian Hukum dan HAM, mari bersama-sama kita bangun Kementerian ini menjadi Kementerian yang dibanggakan oleh masyarakat, karena saya yakin, Tidak Ada Pekerjaan Yang Berat Jika Dikerjakan Bersama-Sama Dengan Ikhlas Dan Suka Cita,” tutup Jumadi.

Sementara itu, Khairil Anwar menyampaikan bahwa tugas dan fungsi Keimigrasian pada Kanwil Kemenkumham Kaltim salah satunya tentang selective policy dalam kebijakan Keimigrasian di Indonesia.

“Keimigrasian adalah hal ihwal lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia dan pengawasannya dalam rangka menjaga tegaknya Kedaulatan Negara sesuai dengan Pasal 1 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, sehingga dalam kebijakan Keimigrasian Nasional, ada yang namanya selective policy atau kebijakan selektif yang mengatur bahwa hanya orang-orang asing yang memberikan manfaat dan tidak membahayakan keamanan Negara saja yang bisa masuk ke Indonesia,” sebut Khairil.

Khairil juga menegaskan bahwasanya Divisi Keimigrasian pada Kantor Wilayah berperan sebagai supporting tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Imigrasi di wilayah.

Khairil mengimbau kepada seluruh CPNS dijajaran Kanwil Kemenkumham Kaltim agar selalu menunjukkan Integritas dan Komitmen untuk memajukan Kementerian Hukum dan HAM dan tetap menjaga nama baik Kanwil Kemenkumham Kaltim.

“Saya yakin kalian adalah calon pemimpin yang mampu mengharumkan nama baik Kementerian Hukum dan HAM,” pungkas Khairil. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button