Jalin Kerjasama, Kepala Imigrasi Tanjung Perak Silaturahmi dengan Kapolrestabes Surabaya

SURABAYA – Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak, Sugiono melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya, pada Kamis (5/3/2020) siang.

Dalam kunjungan tersebut, Sugiono beserta rombongan diterima langsung oleh Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Sandi Nugroho, yang didampingi Kabag Sumda, Kasat Intelkam, Kasat Reskrim, dan Kasubbaghumas Polrestabes Surabaya diruang kerjanya.

Dalam kunjungan tersebut, Sugiono juga didampingi Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian (Lantaskim) Soesilo Sumedi, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Kasi Inteldakim) Washington Saut Dompak Napitupulu, dan Kasubsi Pemeriksaan Keimigrasian TPI Kanim Tanjung Perak Anggi Adriyudo.

Dalam kunjungan kali ini, Sugiono menyampaikan bahwa, untuk mempererat hubungan antar instansi dalam menjaga keamanan Kota Surabaya, serta kerjasama dalam menunjang pelaksanaan tugas dalam penegakan hukum keimigrasian di wilayah Kota Surabaya.

Baca Juga:  Kadivim Jatim Buka Kegiatan ABK Jabatan Administrasi MONEV JAFUNG Analis dan Pemeriksa Keimigrasian 2018

“Selain untuk meningkatkan silaturahmi juga dirangkaikan dengan koordinasi terkait pengawasan terhadap Orang Asing yang masuk di wilayah Kota Surabaya. Kami juga meminta pengamanan aparat kepolisian dalam mendukung kelancaran tugas-tugas imigrasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Sugiono, (5/3).

Menurut Sugiono, pihaknya (Imigrasi Tanjung Perak,red) ingin membangun kerjasama dengan pihak aparat kepolisian dalam pelaksanaan Operasi Pengawasan Orang Asing, dan penegakan hukum yang dicanangkan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi untuk melakukan pengawasan terhadap keberadaan serta kegiatan orang asing.

“Kami ingin tiap-tiap instansi berjalan sinergi guna mencapai hasil yang maksimal, kami berharap kerjasama yang baik antar instansi tanpa mengurangi kewenangan masing-masing,” harapnya.

Baca Juga:  Imigrasi Tanjung Perak Amankan 7 WNA Asal India dan Mesir

Sugiono juga membahas beberapa hal yang berkaitan dengan pelaksanaan tusi antara Imigrasi dan Polri, selain bertukar pikiran dalam rangka menjaga kodusifitas dari pengaruh keberadaan dan kegiatan dari Warga Negara Asing di Kota Surabaya.

Dia juga menyampaikan beberapa harapan guna mendukung kemajuan serta percepatan pertumbuhan ekonomi dari Investor Asing.

“Pentingnya koordinasi ini untuk menjalin kerjasama antara Kanim Kelas I TPI Tanjung Perak dengan Polrestabes Surabaya, perihal deteksi dini persebaran faham radikal dan pengaruh buruk lainnya yang dianggap akan menganggu stabilitas keamanan NKRI khususnya pada Kota Surabaya,” pungkas Sugiono. (pank)