Inovasi Kadiv Pemasyarakatan Bambang Haryanto Luncurkan Kamar Bebas dari Asap Rokok di 3 UPT

SULUT – Tetap produktif dalam masa Pandemi merupakan tujuan utama Kemenkumham saat ini, hal inilah yang menjadi dasar Kepala Divisi Pemasyarakatan pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara, Bambang Haryanto yang terlihat tetap aktif membaktikan diri untuk jajaran Pemasyarakatan.

Ide beliau untuk menyediakan kamar yang sehat bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan khususnya bagi mereka yang tidak merokok rupanya disambut baik seluruh Lapas maupun Rutan yang ada di Sulawesi Utara.

Setelah meresmikan Kamar Bebas Asap Rokok (KABAR) di 2 UPT, hari ini (10/02) KadivPAS kembali meresmikan KABAR yang berada di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II B Manado di Tomohon, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tondano dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Bitung.

Baca Juga:  Dirjen PAS Akhiri Kunjungan Kerja dengan Sapa Tahanan di Rutan Surabaya

Bersama Kepala Divisi Keimigrasian, Ganda Samosir, KadivPAS disambut hangat oleh seluruh jajaran di 3 UPT tersebut.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, Prosesi gunting pita dilakukan oleh kedua Kepala Divisi ini untuk meresmikan kamar yang bercat dinding putih tersebut.

Cat dinding putih merupakan permintaan KadivPAS sendiri karena menurutnya putih menandakan kebersihan sehingga WBP yang menempati kamar tersebut selain merasa lebih sehat mereka pun akan lebih nyaman, dimana hal ini merupakan salah satu bentuk pemenuhan Hak Asasi Manusia bagi Warga binaan itu sendiri.

Baca Juga:  Panen Lele di Lapas Surabaya, Dirjenpas Berharap Semua Lapas Bisa Mandiri

“Selain untuk memenuhi hak atas lingkungan yang bersih dan sehat bagi Warga Binaan, KABAR juga diharapkan dapat mendorong UPT Pemasyarakatan di Sulawesi Utara untuk meraih penghargaan Satuan Kerja dengan Pelayanan Publik Berbasis HAM oleh Presiden Republik Indonesia,” ujar Bambang. (*)