Imigrasi Balikpapan Gelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing

BALIKPAPAN – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) Tahun 2021, pada hari Kamis (18/03) di Aula Sudirman, Kanim Balikpapan.

Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan, Rakha Sukma Purnama selaku Ketua TIM PORA, yang didampingi oleh Kepala Seksi Inteldakim dan dihadiri oleh Anggota TIM PORA yang dibentuk berdasarkan keputusan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan nomor W18.IMI.1- 0200 -GR.03.01 Tahun 2021.

Kegiatan rapat di awali dengan sambutan dari Asisten Tata Pemerintahan Kota Balikpapan Syaiful Bahri yang mewakili Walikota Balikpapan.

Dalam sambutannya Syaiful menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi terkait pengawasan orang asing merupakan isu penting yang perlu menjadi perhatian kita bersama karena kunjungan orang asing menjadi indikator bahwa Kota Balikpapan dinilai baik sebagai Kota yang nyaman dalam pandangan masyarakat internasional.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari 2 (dua) orang narasumber yang berkompetensi di bidang pengawasan orang asing yaitu Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemeterian Hukum dan HAM Kalimantan Timur, Hendro Tri Prasetyo dan Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja, Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan, Yudiarso.

Baca Juga:  Kakanim Kediri Paparkan Progres Pembangunan Gedung Baru di Hadapan Para Pimti Pratama

Setelah Pemaparan dari narasumber dilakukan diskusi terkait isu-isu aktual dan dalam rapat ini TIM PORA Balikpapan juga melakukan penyusunan program kerja tahun 2021.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan, Rakha Sukma Purnama mengatakan bahwa, Tim Pengawasan Orang Asing dibentuk oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan sesuai amanat Undang- Undang nomer 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian pasal 69 dengan melibatkan berbagai Instansi pusat dan daerah yang memiliki tugas pokok dan fungsi terkait penanganan orang asing dan berperan aktif dalam melakukan pengawasan terhadap kegiatan maupun keberadaan Orang Asing yang berada di wilayah kerja Kanim Balikpapan.

“Dengan dibentuknya TIM PORA ini dapat menghilangkan hambatan dalam koordinasi sehingga menciptakan sinergitas antar stakeholder dalam menjaga kedaulatan Negara Republik Indonesia,” kata Rakha.

Rakha menjelaskan bahwa, sinergitas seluruh anggota TIM PORA inilah nantinya yang akan membawa penegakan hukum dibidang Keimigrasian ketingkat yang lebih baik lagi.

Tidak hanya itu, TIM PORA dapat menggiatkan sosialisasi dan penyuluhan keseluruh publik internal maupun eksternal, dengan tujuan agar seluruh lini dapat mendukung gerak dan langkah Tim tersebut.

Baca Juga:  Kanim Kediri Ikut Ramaikan Pekan Budaya dan Pariwisata

“Semoga ini menjadi langkah awal agar kedepannya dapat terus bekerjasama untuk menjaga keamanan dan keutuhan NKRI,” jelasnya.

Adapun anggota TIM PORA tersebut terdiri dari Kodim 0905, Polresta Balikpapan, Kejaksaan Negeri Balikpapan, Beacukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan Balikpapan, BIN, BNN, BAIS, Kementerian Agama, Rumah Detensi Imigrasi, KSOP, Otoritas Bandara Wilayah VII, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur, Dinas sosial, Dinas Perhubungan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Dinas Perdagangan Koperasi usaha Mikro Kecil Menengah dan Perindustrian Kota, Dinas Komunikasi dan informatika.

Selain itu juga terdiri dari, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu, Satpol PP, Aviation Security Bandara SAMS, Security Pelabuhan Semayang, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia yang ada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan. (Red)