Advertisement

Fasilitas Air Siap Minum Lapas Pasuruan Dapat Apresiasi

PASURUAN – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pasuruan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur kedatangan Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Muji Rahardjo, Jumat (04/03).

Kedatangannya tersebut untuk melihat secara langsung sarana dan prasarana pelayanan yang disediakan untuk para warga binaan yang ada di Lapas Pasuruan, seperti sarana kesehatan, sarana dapur, sarana ibadah dan bengkel kerja serta proses pemberian hak hak integrasi.

Muji memberikan apresiasi atas kesungguhan jajaran Lapas Pasuruan yang telah menunjukkan komitmen dalam memberikan pelayanan prima kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Di antara yang menjadi perhatiannya adalah tersedianya sarana Instalasi Air Siap Minum yang ada di setiap blok hunian. Muji juga secara langsung melakukan uji coba dengan meminum air tersebut.

“Segar, rasanya sama dengan air mineral lainnya, bagus ini bisa diadopsi oleh UPT yang lain, sebagai penyediaan air bersih dan layak minum sebagaimana tercantum dalam Permenkumham No.40 tahun 2017,” kata Muji.

Advertisement

“Saya sangat senang melihat kondisi sarana pelayanan di Lapas Pasuruan ini. Saya kira ini patut diapresiasi karena teman-teman di Lapas Pasuruan berhasil menyediakan sarana dan prasarana yang sangat memadai untuk mewujudkan pelayanan prima kepada seluruh WBP. Meskipun secara bangunan adalah bangunan peninggalan Belanda, tetapi suasana di dalam Lapas sangat nyaman dan asri,” puji Muji.

Ketika melihat Poliklinik, Muji berharap para petugas di klinik benar-benar memberikan pelayanan maksimal kepada WBP karena tujuan utama adanya pelayanan kesehatan adalah menekan angka WBP yang sakit, terlebih angka kematian.

“Saya harap semua sumber daya yang ada dapat dimaksimalkan untuk memastikan seluruh WBP dapat hidup sehat selama berada di Lapas hingga nanti berkumpul dengan keluarganya saat bebas, terutama Dokter dan Paramedis haruslah bahu membahu mewujudkan pelayanan yang baik sesuai SOP kepada mereka para warga binaan,” pesan Muji.

Demikian juga ketika dia melihat ruang kerja atau bengkel kerja yang ada di lapas pasuruan, terutama adanya kepastian premi yang diterima oleh warga binaan yang bekerja di bengkel kerja lapas.

Muji juga memberikan pesan kepada seluruh warga binaan untuk selalu hidup rukun, saling menghormati dan toleransi kepada sesama warga binaan, hormat dan patuh terhadap petugas serta mengikuti program pembinaan yang ada di lapas pasuruan.

“ Saling menghormati, sikap toleran dan saling menjaga, adalah bentuk sikap yang harus kalian miliki selama di lapas pasuruan ini, saya titip pesan kepada kalian semua untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban, petugas lapas pasuruan ini sudah berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan gratis kepada kalian semua, jadi harus ada timbal baliknya,” pungkas Muji.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Lapas Pasuruan, Yhoga Aditya Ruswanto, menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kunjungan Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi.

“Ini memiliki makna yang sangat penting bagi kami, terutama dalam upaya peningkatan kualitas layanan kami kepada WBP, sehingga seluruh petugas kami bisa mendapatkan tambahan ilmu dan pengetahuan dari beliau yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang perawatan. Semoga menjadi acuan dan semangat bagi kami semua, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada warga binaan di Lapas Pasuruan,” harap Kalapas. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button