Advertisement

Enam WBP Lapas Narkotika Nusakambangan Terima Remisi Waisak 2022

NUSAKAMBANGAN – Lapas Narkotika Kelas IIA Nusakambangan memberikan remisi atau potongan masa hukuman pada Hari Raya Waisak 2566 BE/ 2022 kepada 6 (Enam) orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) umat Budha, pada Senin (16/05).

Kegiatan Penyerahan Remisi Khusus Hari Raya Waisak Tahun 2022 bagi narapidana yang beragama Budha ini, bertempat di Aula Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Permisan Nusakambangan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Se-Nusakambangan dan Cilacap.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah Supriyanto hadir langsung untuk menyerahkan secara simbolis Surat Keputusan Remisi Khusus Waisak Tahun 2022 kepada perwakilan narapidana.

Kalapas Narkotika Nusakambangan Raden Mas Kristyo Nugroho mengatakan, narapidana beragama Budha di Lapas Narkotika Kelas IIA Nusakamnangan yang berhak mendapat Remisi Waisak sebanyak 6 orang.

Advertisement

“Remisi yang diberikan kepada narapidana ini merupakan bentuk penghargaan karena telah menunjukan perubahan perilaku yang baik selama menjalani masa pidana di dalam Lapas,” kata Kalapas Kristyo.

Kristyo menjelaskan bahwa, untuk Hari Raya Waisak tahun ini, tidak ada yang mendapatkan RK II atau langsung bebas setelah mendapatkan remisi.

“Enam WBP tersebut hanya dapat RK I (pemotongan masa hukuman biasa) saja,” jelasnya.

Menurut Kristyo, Remisi diberikan bukan sekadar reward kepada narapidana yang berkelakuan baik saja, tetapi mereka WBP harus memenuhi persyaratan administratif dan substantif.

“Melalui langkah ini, negara juga berhasil menghemat anggaran dengan berkurangnya masa pidana narapidana,” pungkas Kristyo. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button
%d blogger menyukai ini: