Dua Lapas Di Pamekasan Jadi Sasaran Penggeledahan Tim Satops Patnal

PAMEKASAN – Dua lapas di Pulau Madura yaitu Lapas Pamekasan dan Lapas Narkotika Pamekasan, Rabu malam (29/09/21) menjadi sasaran penggeledahan oleh Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Korwil Madura serta tim gabungan TNI, Polri dan Kejaksaan.


Dipimpin langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono dan Kadiv Pemasyarakatan Hanibal, tim mulai bergerak sejak pukul 20.00 WIB.


Kakanwil menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai wujud komitmen bersama untuk mewujudkan zero halinar diseluruh jajaran UPT Pemasyarakatan Kemenkumham Jatim.

Hal itu juga sebagai bentuk implementasi dari amanat Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

Baca Juga:  Sekjen Kemenkumham Resmikan Revitalisasi Law and Human Right Centre Jatim

“Akan ada konsekuensi bagi petugas yang berkhianat dan mencoba memasukkan HP maupun barang terlarang lainnya,” tegasnya.


Kakanwil juga meminta tim bergerak sesuai arahan yang telah diberikan dan melakukan penggeledahan badan dan barang-barang di kamar hunian secara humanis.

“Jika ada temuan barang terlarang, ambil, catat, dan tindak pemiliknya,” tuturnya.


Setelah penggeledahan, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan test urine secara acak kepada WBP dan pegawai.

Hasilnya, baik Pegawai maupun WBP terdeteksi negatif. Dan dari semua blok yang di geledah menemukan gunting, alat cukur dan sendok serta sajam rakitan.

Baca Juga:  Ini Arahan Kakanwil Krismono Terkait Optimalisasi Penggunaan DIPA


Kadiv Pemasyarakatan juga menyampaikan apresiasi kepada tim Satops Patnal Korwil Madura yang bergerak dalam giat penggeledahan ini.

“Ini merupakan deteksi dini dan upaya serius Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba serta menjaga lapas dari gangguan keamanan dan ketertiban,” ujarnya. (Red)