Cegah Peredaran Narkoba, Lapas Sidoarjo Gelar Razia Malam Hari

SIDOARJO – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Sidoarjo kembali menggelar razia penggeledahan di sejumlah blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), pada Sabtu (14/12/19) malam.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas IIA Sidoarjo, Tristiantoro Adi Wibowo mengatakan bahwa, razia ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban Lapas Sidoarjo, dan merupakan tindaklanjut dari instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS), untuk Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di dalam lingkungan Lapas.

“Razia ini adalah upaya sistematis dari Lapas Sidoarjo dalam rangka mencegah adanya peredaran Narkoba. Selain itu, untuk mewujudkan Lapas yang bersih dari barang terlarang seperti, narkoba, senjata tajam (Sajam) dan handphone,” kata Adi Wibowo usai menggelar razia, Sabtu (14/12) malam.

Baca Juga:  Komitmen Berantas Peredaran Narkoba, Rutan Surabaya Lakukan Operasi P4GN di Blok Hunian WBP

Selain bertujuan untuk menjaga ketertiban di Lapas, kegiatan razia rutin ini, lanjut Wibowo, juga merupakan salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi dari petugas Lapas Sidoarjo. Petugas juga berhasil menyita sejumlah barang elektronik, atau benda lainnya yang tidak diperbolehkan berada didalam Lapas dan memiliki potensi membahayakan.

“Pelaksanaan razia sudah sering kami laksanakan, dan ini juga merupakan agenda rutin kami untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” terangnya.

Saat razia berlansung, petugas berhasil mengamankan beberapa barang yang dilarang dipergunakan di dalam Lapas seperti kipas angin, speaker aktif, kabel listrik, palu, dan gunting.

Baca Juga:  Pimpin Apel Pagi Pegawai Lapas Sidoarjo, Kakanwil Budayakan Disiplin 'Sejak Dini, Sejak Pagi'

Wibowo pun berharap dengan kegiatan rutin seperti ini, Lapas Sidoarjo bersih, aman, kondusif, bebas narkoba, dan barang elektronik seperti HP dan lainnya. Serta juga memberikan efek jera kepada WBP yang melanggar tata tertib didalam Lapas.

“Dengan adanya razia seperti ini seluruh Warga Binaan akan menjadi jera dan tidak berani untuk menggunakan barang-barang terlarang lagi,” ujarnya.

Wibowo menambahkan, razia yang dimulai pada pukul 19.00 hingga pukul 22.00 WIB ini, juga dibantu dari anggota Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) Sidoarjo.

“Dari hasil razia tersebut, petugas tidak menemukan barang sejenis narkotika dan handphone,” pungkasnya. (pank)