Advertisement

Cegah Demam Berdarah, Rutan Gresik Lakukan Fogging DBD

GRESIK – Rutan Kelas IIB Gresik Kanwil Kemenkumham Jawa Timur kembali lakukan fogging atau pengasapan untuk membunuh dan mencegah berkembang-biaknya nyamuk penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD), pada Sabtu (21/05/2022).

Karutan Gresik Aris Sakuriyadi mengatakan bahwa, kegiatan fogging DBD ini dilakukan karena mengingat tingginya curah hujan seminggu terakhir di wilayah Kabupaten Gresik.

Dalam giat kali ini, Rutan Gresik bekerja sama dengan Puskesmas Cerme untuk proses fogging DBD ini.

“Kami fogging mulai area blok, kamar hunian, ruang perkantoran hingga saluran air yang menjadi habitat berkembang biaknya nyamuk Aedes Agepypti dan Anopheles,” ujar Aris.

Sebelum proses dilakukan, Aris juga mengimbau kepada warga binaan, agar pada saat proses pengasapan untuk menutup makanan dan minuman serta tidak berada di dalam kamar hunian, dan menunggu di area titik kumpul saja.

Advertisement

“Usahakan untuk menutup makanan dan minuman, karena asap dari fogging ini mengandung disenfektan,” ungkap Aris saat memberikan arahan kepada warga binaan.

Aris pun menambahkan penyakit DBD ini harus menjadi perhatian, mengingat penyakit ini tingkat resiko kematiannya cukup tinggi.

“Lebih baik mencegah daripada mengobati. Pelaksanaan fogging ini pun berjalan dengan lancar, aman dan tertib tanpa adanya gangguan kamtib,” pungkas Aris. (red)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button