Balitbang HAM Lakukan Verifikasi Ke Pengungsi dan Tim Satgas

SIDOARJO – Balitbang HAM lakukan verifikasi ke pengungsi yang berada di wilayah Sidoarjo dan tim satgas pengungsi Kabupaten Sidoarjo.

Verifikasi dilakukan langsung oleh Nicken Sarwo Rini, Rabu (19/02/2020) bertempat di Ruang Serba Guna Puspa Agro Sidoarjo.

Sama halnya dengan kegiatan yang dilakukan sebelumnya pada hari Senin (17/02/2020), verifikasi bertujuan untuk menguji validitas hasil survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Indeks Persepsi Korupsi (IPK). Namun, target kali ini sebanyak 30 pengungsi dan 7 orang tim satgas dari beberapa instansi.

Baca Juga:  Gelar Rapid Tes, Seluruh Pegawai Rudenim Surabaya Dipastikan Negatif Covid 19

Nicken mengatakan kepada pengungsi bahwa hasil survei yang valid akan dijadikan acuan BalitbangHAM untuk memberikan rekomendasi ke Inspektorat Jenderal.

“Selain itu, untuk mengetahui kinerja sejauh ini. Bila baik maka harus pertahankan, bila ada kekurangan harus dibenahi,” ungkapnya.

Rudenim Surabaya dari hasil survei yang dilaksanakan BalitbangHAM periode Oktober 2019 hingga Januari 2020 mendapatkan hasil IKM dan IPK sangat memuaskan.

“Verifikasi dilakukan untuk mengetahui tingkat validnya,” tutur Nicken.

Setiap pengungsi dan tim satgas diberi survei secara tertulis. Pertanyaan yang diberikan sebanyak 15 dengan pilihan jawaban sebanyak 5. (Red)