Atase Imigrasi Beijing Gencarkan Sosialisasi Keimigrasian

CHANGCHUN – Untuk pertama kalinya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing, menggelar sosialisasi keimigrasian kepada sejumlah warga negara Indonesia di Kota Changchun, China.

“Ada sekitar 50 warga kita yang hadir dalam sosialisasi,” kata Atase Imigrasi KBRI Beijing Tato J Hidayawan kepada Jurnal Kumham, Sabtu (19/10/19).

Menurut Tato, sebagian besar WNI yang ikut sosialisasi tersebut berasal dari kalangan pelajar yang sedang menyelesaikan studi di wilayah timur laut China itu.

Dalam kegiatan di Ibu Kota Provinsi Jilin itu, Atase Imigrasi bersama dengan staf Protokol dan Kekonsuleran KBRI Beijing memberikan paparan mengenai peraturan keimigrasian dan kekonsuleran.

Baca Juga:  Tingkatkan Pelayanan, Atase Imigrasi KBRI Beijing Beri Layanan Keimigrasian Hingga ke Provinsi Sichuan

“Peserta sangat dinamis dan aktif. Mereka merasa kegiatan ini sangat bermanfaat karena membuka pengetahuan mereka akan hak-hak dan kewajiban sebagai WNI di negara lain,” ujar Tato.

Terlihat antusiasme peserta tampak pada sesi diskusi yang dinamis dan hangat. Para peserta menyampaikan apresiasi atas inisiatif KBRI Beijing mengadakan sosialisasi di Changchun.

“Mereka berharap dapat rutin dilakukan di Changchun,” terangnya.

Tato menambahkan sosialisasi tersebut menyasar kepada para WNI yang tinggal di Changchun yang kebanyakan adalah mahasiswa dan pekerja.

Baca Juga:  HUT Kemerdekaan RI ke-74, Bendera Merah Putih Berkibar di Langit China

Tato berharap para WNI dapat memahami hal-hal yang berkaitan dengan keimigrasian dan kekonsuleran, sehingga meminimalisasi terjadinya pelanggaran keimigrasian.

“Kehadiran kami di sini agar lebih menjangkau dan mendekatkan diri kepada para WNI di Changchun, sehingga kami mewujudkan visi bapak Presiden Jokowi yaitu negara hadir dalam setiap permasalahan warganya,” pungkasnya. (pank)